Summoners War | Game MMORPG Android

summoners war

Game mobile RPG (Role-Playing Game) masih digandrungi hingga saat ini. Tercatat ribuan game RPG telah dirilis di berbagai belahan dunia. Sebut saja nama-nama seperti Brave Frontier, Rage of Bahamut, hingga Dragon Quest yang merupakan gacoan dari Square Enix. Semuanya itu rata-rata laris manis tanjung kimpul diunduh hingga jutaan kali di Android dan iOS.

Summoners War: Sky Arena merupakan salah satu game MMORPG free-to-play besutan salah satu pengembang game asal Korea Selatan, Com2US. Game ini diperkenalkan untuk pertama kalinya pada event E3 2014 yang digelar di Las Vegas (Amerika Serikat) dan dapat diunduh secara gratis di Android dan iOS.

Gameplay & Fitur Summoners War

Pada awal permainan, kalian akan dihadapkan dengan sebuah pulau yang mengambang dan seorang gadis yang akan memberikan tutorial tentang cara untuk melakukan summon dan power up monster. Pulau inilah yang nantinya akan menjadi rumah bagi kalian dan para monster. Tidak seperti game RPG lain yang hanya memperlihatkan monster dalam bentuk kartu atau ikon. Kalian dalam Summoners War: Sky Arena bisa melihat monster yang berjalan-jalan demi mengitari pulau. Pulau tersebut bisa kalian zoom in dan out secara sesuka hati. Fitur ini tersedia agar kalian bisa melihat koleksi monster yang sudah dimiliki secara jelas.

Monster

Sedikitnya, terdapat lebih dari 400 jenis monster yang bisa kalian koleksi di dalam game ini. Setiap monster tentunya memiliki skill dan tipe serangan yang berbeda-beda dengan berbagai macam elemen (fire, water, wind, light, dan dark) yang kuat dan lemah antar satu sama lainnya.

Monster-monster tersebut bisa kalian dapatkan dengan dua cara, yakni summoning dan drop dari dungeon. Summoning bisa dilakukan dengan menggunakan unknown summon scrolls, mystical summon scrolls, mystical summon (menggunakan 75 red crystal), dan social summon (mengunakan social points).

Rune

Dalam Summoners War: Sky Arena terdapat Rune pula. Sistem Rune ini berfungsi sebagai armor, helmet, mau pun aksesoris tambahan yang dapat menambah kekuatan monster. Diperlukan sedikit strategi dan taktik untuk menggunakan Rune secara maksimal.

Rune memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Mulai dari bintang satu hingga bintang enam. Rune yang memiliki jumlah bintang lebih banyak tentunya memiliki status yang lebih baik. Kalian pun dapat meng-upgrade Rune dengan menggunakan Mana Stone. Semakin tinggi upgrade yang kalian lakukan, maka semakin tinggi pula jumlah Mana Stone yang harus dikeluarkan.

Kontrol

Game ini menawarkan sistem pertarungan turn-based yang berdasarkan pada kecepatan menyerang. Tidak ada MP (magic point) dalam game ini. Yang ada, hanyalah HP (health point). Player memiliki kendali penuh terhadap jalannya pertarungan, baik target mau pun skill yang dipergunakan. Tapi, game ini tetap menyediakan auto mode bagi kalian yang ingin sekedar grinding demi mencari drop item atau pun leveling.

Dungeon & Arena

Tidak hanya memiliki dungeon, game ini juga menawarkan Arena dan PVP bagi player yang ingin bertarung dengan teman mau pun player lainnya. Perlu diwaspadai, bahwa setiap lawan PVP kalian memiliki defense tower yang bisa menyerang monster kalian setiap beberapa detik.

Summon

Sistem IAP dalam game ini tidak terlalu mencekik leher, sebab kalian bisa melakukan summon dengan unknown summon scrolls. Unknown summon scrolls cukup mudah untuk ditemukan di setiap dungeon. Namun, unknown summon scrolls hanyalah akan melakukan summon monster dengan grade bintang satu sampai tiga saja. Untuk mendapatkan monster dengan grade bintang tiga ke atas, maka kalian harus menggunakan mystical summon scrolls yang mana bakal sangat jarang untuk ditemukan di dungeon dan harus membelinya dengan menggunakan Red crystal.

Kesimpulan

Summoners War memiliki semua hal yang kalian butuhkan dalam sebuah MMORPG. Dengan grafik 3D yang menawan, skill tiap monster yang unik, serta sistem battle yang asyik, maka game mobile ini bisa menjadi pengisi waktu luang yang menyenangkan, terutama untuk kalian yang menyukai MMORPG dengan konsep mengumpulkan monster.