Rune Factory 4 – Review Game RPG 3DS

rune factory 4

Rune Factory 4 adalah game ber-genre simulation role-playing game (RPG) yang dikembangkan oleh Neverland Co. dan dirilis oleh Marvelous AQL untuk konsol Nintendo 3DS pada tanggal 19 Juli 2012 di wilayah Jepang. Namun, untuk wilayah Amerika Utara, game ini dirilis oleh XSEED Games pada tanggal 1 Oktober 2013. Rencananya, game ini juga akan dirilis di wilayah eropa di kuartal awal tahun 2014.

Rune Factory 4 adalah judul ke-6 dari Rune Factory series, yang mana game ini memiliki kemiripan dengan Harvest Moon. Hanya saja, dalam grafis 3D dan pada Rune Factory 4, kamu bisa menggunakan persenjataan untuk menyerang monster. Game ini dimulai oleh adegan kapal induk karakter diserbu. kemudian secara tidak sengaja, kepala karakter terkena pukulan lalu pingsan dan amnesia. Saat terbangun, tiba-tiba karakter berada di suatu pabrik. Tidak lama setelah sadar, karakter akan dibuang dari kapal induk dan terjatuh di satu kota bernama Selphia.

Grafis 3D pada game ini tidak jauh berbeda dari Rune Factory 3, dengan kualitas pixel yang lebih bagus pada Rune Factory 4. kamu harus bisa membangun hubungan baik antara penduduk di game ini. Pada awal permainan, mungkin kamu belum merasakan keakraban dari dialog yang muncul, oleh karena itu, kamu harus bisa mengambil hati penduduk dengan berbicara secara rutin atau dengan memberinya hadiah sesekali. Hadiah yang diberikan pun harus bervariasi, ada penduduk yang menyukai benda tertentu, namun penduduk lainnya tidak menyukai benda itu.

kamu juga harus bertarung dengan monster yang muncul secara tiba-tiba saat kamu berjalan. Kontrol saat bertarung dan berjalan di kota sangat responsif, sehingga kamu tidak merasakan delay saat menggerakkan kontrol dengan gerakan karakter di dalam game. Layaknya game RPG umum, kamu bisa menggunakan perlengkapan yang bisa didapatkan dari shop. Selain itu, ada juga fitur attack, defense dan beberapa status lainnya.

Pertarungan berjalan dengan seru, namun gerakan karakter cukup sederhana. Serunya lagi, kamu bisa mengendalikan monster tertentu. Proses loading di Rune Factory 4 cepat, sehingga ketika berpindah map, kamu tidak akan menunggu layar hitam terlalu lama. Utamanya, kamu harus mengurus ladang dengan teliti. Agar tidak bosan saat mengurus ladang, kamu bisa memancing dan bersosialisasi dengan karakter lain di kota.

RPG tidak akan terasa RPG tanpa adanya pertarungan, oleh karenanya kamu bisa menjelajahi dungeon untuk bertarung dengan monster dan meningkatkan level. Dengan menyelesaikan berbagai macam misi di dalam dungeon, kamu juga bisa membuka karakter-karakter baru di kota. Pertarungan di game ini cukup keren karena kamu bisa menggunakan serangan kombinasi mematikan kepada lawan.

Pertarungan di dungeon akan terasa semakin seru dengan menjalankannya bersama dengan teman, dalam kasus ini adalah dengan karakter lain di kota. Namun, pada awal permainan, mungkin akan agak sulit untuk mengajak karakter lain untuk bertarung bersama di dungeon. Kesulitan itu sama saja dalam mencari kekasih, kamu harus berbicara secara rutin dan memberi hadiah untuk mendapatkan hatinya. Setelah mendapatkan hati lawan jenis, kamu bisa lanjurt ke tahap selanjutnya, pernikahan.

Game ini menganut sistem jam dan hari dalam gameplay-nya, sehingga kalender menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan kegiatan harian, festival dan beberapa lainnya. Apabila di Harvest Moon, toko-toko di dalam game tutup pada saat tanggal merah, maka tidak di Rune Factory 4 sehingga kamu bisa tetap berbelanja kebutuhan sehari-hari. Ekspresi karakter ditunjukkan dengan emotikon yang muncul di atas kepala, walaupun sederhana, kamu akan mengetahui kondisi karkater lain saat berhadapan.