Review Street Fighter V : Mainkan Karakter Ryu dan Ken Mu

street fighter v

Akhirnya tim domain telah bisa mencicipi serial game fighting terbaru Street Fighter V yang dirilis oleh Capcom untuk versi perangkat konsol PlayStation 4. Setelah mengunduh versi digital melalui selama hampir empat jam, Street Fighter V telah bisa dimainkan, tetapi baru bisa memainkan mode free battle dengan terdapat delapan karakter yang bisa dimainkan. Melihat hal tersebut, tim domain sempat kaget namun ternyata seluruh konten belum ter-donwload secara menyeluruh.

Nah, sejak pertama kali diumumkan pada tahun 2014 lalu, serial Street Fighter V telah menggoda para gamers dengan segala fitur yang ditawarkannya, seperti grafis dan juga gameplay yang telah diperbarui. Selain itu, karakter-karakter baru juga diumumkan secara bertahap seperti Rashid, Laura, F.A.N.G dan Necalli yang menambah variasi petarung yang dimainkan dalam Street Fighter V.

Pastinya kamu sudah mengenal beberapa karakter petarung yang dimiliki oleh franchise Street Fighter seperti Ken, Ryu, Chun Li, dan lainnya. Nah, dalam serial terbaru Street Fighter V ini akan kembali mengajak gamers untuk dapat merasakan mendalami pengalaman yang dimiliki setiap karakter yang dituangkan pada sebuah cerita yang mengesankan, dan tentunya mengetahui latar belakang mengapa karakter tersebut bertarung dalam Street Fighter V.

Menariknya meskipun serial Street Fighter V merupakan game 3D yang memiliki kualitas grafis yang bagus, Capcom tidak lupa dengan ciri khas gambar 2D yang selalu dituangkan menjadi sebuah cerita bergambar. Gambar-gambar tersebut merupakan hasil karya dari seniman asal Jepang bernama Bengus, dimana dirinya juga mengerjakan gambar-gambar untuk franchise lainnya milik Capcom.

Pada Street Fighter V sendiri memiliki beberapa mode permainan yang bisa dimainkan seperti Story Mode, Survival Mode, Challange Mode serta tentunya Online Mode. Keempat mode tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Menariknya dalam Story Mode pihak Capcom telah menyematkan fitur baru yang memungkinkan gamer untuk dapat menggunakan kostum alternatif untuk setiap karakter yang ada ketika memainkan Story Mode. Caranya dengan menyelesaikan setiap alur cerita yang dimiliki karakter maka gamer akan dapat mengakses kostum tersebut dan dapat membelinya pada layanan in-game store yang akan hadir pada bulan Maret 2016.

Pertama kalinya dalam sejarah franchise Street Fighter, Capcom telah membuat sebuah video sinematik untuk setiap karakter dengan harapan dapat membawa para pemainnya dalam mengetahui lebih dalam dan lebih mudah dimengerti dari serial game fighting Street Fighter. Adegan tersebut nantinya akan menceritakan kronologi yang terjadi dari franchise Street Fighter yang mengambil latar antara serial Street Fighter IV dan Street Fighter III serta menjelaskan segala informasi lainnya yang belum sempat diberikan oleh Capcom. Cinematic Story Expansion ini sendiri akan bisa didapatkan dengan cuma-cuma sebagai DLC pada bulan Juni 2016 mendatang.

Fitur Online Lobbies dalam Street Fighter V ini memungkinkan kamu untuk bisa saling beradu kemampuan bertarung dan saling bertemu dengan pemain lainnya. Akan tetapi fitur andalan tersebut kadang masih susah untuk diakses oleh pemain pada beberapa regional. Selain itu, terkadang ketika sedang asik bermain, tiba-tiba koneksi dengan server Street Fighter V terputus dan pastinya membuat kesal dan berpengaruh juga pada track record permainan.

Kembali ke-gameplay Street Fighter V, kamu akan merasakan bentuk pertarungan yang sedikit berbeda dengan serial sebelumnya, karena Capcom telah merombak dengan mengantinya dengan sistem “V” atau sistem variabel yang artinya akan terdapat beberapa sistem yang menggunakan huruf “V” didepannya. Diantaranya adalah:

V-Skills

Adalah kemampuan serangan unik yang terdapat pada setiap karakter yang dapat dikeluarkandengan menekan tombol serangan pukulan sedang dan tombol serangan tendangan sedang secara bersamaan. Dalam menggunakan serangan ini tidak membutuhkan V-Gauge dan kemampuan tersebut berbeda dari setiap karakter seperti untuk pergerakan, serangan, dan pertahanan.

V-Trigger

Merupakan kemampuan unik lainnya untuk setiap karakter yang hanya bisa diaktifkan sekali ketika V-Gauge menunjukan penuh, dengan menekan tombol pukulan keras dan tendangan keras secara bersamaan. V-Trigger sebenarnya hampir sama dengan fitur “Ultras” dari serial Street Fighter IV.

V-Reversals

Adalah kemampuan yang menggunakan satu kotak dari V-Gauge, dan memungkinkan pemain untuk dapat melakukan serangan kepada musuh sambil melakukan blocking sehingga dapat membuat ruang untuk bernafas. Hal tersebut sama seperti fitur “serangan balik Alpha” dari seri Street Fighter Aplha, namun pada fitur ini tidak setiap serangan balik tersebut dapat berhasil akibat beberapa efek tertentu.

EX Gauge

Fitur ini memungkinkan pemain untuk dapat membangun serangan yang diinginkan untuk musuh, sehingga pada EX Gauge ini akan memaksimalkan serangan hingga musuh dapat sekarat.

Critical Arts

Adalah fitur serangan akhir atau penghabisan dengan tampilan adegan yang sangat keren tentunya dan setiap karakter dapat menghasilkan serangan Critical Arts masing-masing.

Terakhir, Kreator dari game Street Fighter V Yoshinori Ono baru-baru ini telah mengumumkan fakta terbaru dari game fighting tersebut. Melalui wawancaranya dengan Eurogamer, Ono menyebutkan bahwa game Street Fighter V akan terus mendapatkan konten-konten baru selama lima tahun. Konten-konten baru ini tidak dijelaskan lebih lanjout oleh Ono namun ia mengatakan bahwa untuk melengkapi game Street Fighter V dengan seluruh rooster yang ada di Ultra Street Fighter 4, Ono dan timnya membutuhkan waktu lima tahun.

Kesimpulan Street Fighter V menurut tim domain adalah game fighting ini sangat recommended untuk dimiliki oleh gamer, karena selain peningkatan grafis yang signifikan bentuk gameplay-nya juga telah diperbarui dengan sistem V tadi. kamu tidak hanya dimanjakan dengan bentuk grafis yang keren tetapi juga backsound yang enak didengar ketika sedang bertarung dan akan menambah keseruan bermain. Ditambah pihak Capcom juga menjanjikan akan menghadirkan update-update terbaru untuk Street Fighter V selama lima tahun kedepan, dimana kemungkinan karakter-karakter lainnya akan dapat dimainkan serta konten-konten kostum menarik lainnya.

Menariknya meskipun serial Street Fighter V merupakan game 3D yang memiliki kualitas grafis yang bagus, Capcom tidak lupa dengan ciri khas gambar 2D yang selalu dituangkan menjadi sebuah cerita bergambar. Gambar-gambar tersebut merupakan hasil karya dari seniman asal Jepang bernama Bengus, dimana dirinya juga mengerjakan gambar-gambar untuk franchise lainnya milik Capcom.

Di bawah ini terdapat sebuah cuplikan trailer singkat yang memperlihatkan aksi Ryu dalam menangkis serangan dari serangan Chun-Li dan membalasnya dengan serangan kritikal. Dimana teknik tersebut telah digunakan oleh pro gamer fighting Daigo Umehara pada serial Street Fighter lawas.

Bagi kamu yang penasaran dengan aksi parry Ryu yang dilakukan oleh Daigo, berikut cuplikan rekaman gameplay pertarungan antara Justin melawan Daigo.

Selain itu, di bawah ini juga terdapat rekaman pertandingan antara Daigo Umehara melawan Justin Wong, dimana Daigo menggunakan karakter Ryu dan Justin menggunakan karakter Chun-Li, Daigo berhasil menangkis serangan Chun-Li dan membalasnya dengan serangan mematikan.

Dengan kehadiran serial Street Fighter V, kabarnya Daigo akan mengulang kejadian tersebut dengan mengeluarkan jurus “The Daigo Parry” dalam game terbaru Capcom ini.