Review Permainan Diablo 3 Menggunakan Console

diablo 3

Diablo III adalah action role-playing game yang dikembangkan sekaligus dirilis oleh Blizzard Entertainment untuk konsol PlayStation 3 dan Xbox 360 mulai tanggal 3 September 2013 ke seluruh dunia. Sebelumnya, game ini juga sudah lama dirilis di PC pada tanggal 15 Mei 2012. Rencananya, Diablo III juga akan dirilis untuk konsol PlayStation 4 pada tahun 2014, namun belum ada kejelasan mengenai tanggal atau bulan pastinya.

Saat mengawali permainan, kamu bisa memilih satu dari 5 kelas yang disediakan. Tidak seperti game Diablo sebelumnya yang mana kelas ditentukan dalam gender tertentu (gender lock), pada Diablo III, kamu dibebaskan untuk menentukan gender dari kelas yang dipilih. Kelas yang bisa dipilih adalah Witch Doctor, Barbarian, Wizard, Monk dan Demon Hunter.

Pada review ini, crew domain memainkan Diablo III di konsol PlayStation 3. Kelas yang dipilih adalah Demon Hunter, karakter yang mampu mengalahkan lawan dari jarak jauh dengan menggunakan senjata crossbow. Selain kemampuannya dalam menyerang lawan dari jarak jauh, Demon Hunter juga memiliki kemampuan menghindar yang tinggi serta skill untuk menjebak lawannya. Setelah membuat karakter, kamu bisa memilih tingkat kesulitan untuk memainkan game ini yaitu Easy, Normal atau Hard. Untuk mencoba Diablo III ini, crew domain memilih tingkat kesulitan Normal, agar tidak terlalu sulit dalam menghadapi serangan lawan.

Gameplay yang ditampilkan pada Diablo III versi konsol tidak berbeda jauh dengan versi konsol, bahkan bisa dibilang sama pesis. Hanya saja, perbedaanya ada di kontrol permainan. Apabila di PC menggunakan banyak tombol keyboard untuk mengendalikan navigasi karakter seperti menganti equipment, skill dan beberapa lainya. Pada versi konsol tentu saja kamu menggunakan kontroler dengan tombol yang sangat terbatas.

Untuk masuk ke pengaturan karkater, kamu bisa menekan tombol SELECT. Kemudian akan ada beberapa tab yang bisa kamu pilih antara lain Inventory, Skill dan Quest. Pemilihan menu bisa dilakukan dengan menekan tombol L2 (ke kanan) dan R2 (ke kiri). Dalam memilih item yang ada di dalam menu tersebut, kamu bisa menggunakan Analog Stick sebelah kiri, lalu menekan tombol lingkaran (O) untuk oke sedangkan X untuk kembali.

Pemandangan lingkungan di Diablo III terkesan gelap, sama seperti Diablo lainnya. Sudut pandang karakter tidak bisa diubah, sehingga sepanjang permainan, kamu akan melihat pemandangan dari satu sudut pandang saja. Selain itu, jarak pandang karakter juga tidak bisa di-zoom ke dalam atau ke luar. Mungkin itu adalah salah satu kekurangan dari Diablo, karena sudut pandang yang kurang dinamis, mengingat grafis 3D lingkungan dan karakter dari game ini termasuk sangat bagus.

kamu bisa menyerang lawan dengan menggunakan tombol R2, R1, lingkaran, segitiga dan kotak. Skill bisa didapatkan seiring dengan meningkatnya level karakter, yang mana shortcut skill itu bisa disesuaikan dengan keinginan. Saat menyerang lawan, sebaiknya kamu menekan tombol L2 untuk mengunci lawan. Jika tidak menekan tombol L2, maka serangan karakter tidak fokus dan bisa meleset.

Pada saat karakter mendapatkan item berupa equipment, kamu bisa menekan tombol arah atas atau bawah di kontroler untuk mengganti equipment lama dengan yang baru, apabila status dari equipment baru itu lebih baik daripada yang lama. Untuk navigasi dan kontrol karakter, Diablo III sudah sangat lengkap dan tidak sulit untuk digunakan. Apabila di PC, Diablo III membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya, tidak untuk versi konsol. kamu bisa memainkannya tanpa adanya koneksi internet sama sekali. Namun apabila ingin menggunakan fitur Auction House, kamu tetap harus menggunakan koneksi internet.

Diablo III versi konsol juga menampilkan fitur multiplayer yang bagus. kamu bisa bermain hingga 4 orang dalam offline mode. Untuk bergabung dalam permainan, kamu cukup menyalakan kontroler, lalu tekan tombol START. Setelah itu akan muncul pilihan akun dan karakter yang ingin digunakan. Apabila ingin keluar dari game dan membiarkan kamu lain bermain sendirian, kamu bisa menekan tombol START dan memilih menu Drop Out.

Ada berbagai macam quest menantang yang bisa kamu jalankan di dalam game ini, yang mana tingkat kesulitannya bervariasi tergantung dari misi apa yang sedang dijalankan. Untuk memperkuat karakter, kamu bisa mendapatkan equipment dari NPC atau mencarinya dari mengalahkan lawan. jalan cerita yang ditampilkan pad agame ini juga sangat menarik, ditambah dengan menyuaraan karakter yang sesuai dengan situasi saat percakapan itu terjadi.

Game ini akan membawa kamu ke dalam dunia fantasi yang penuh dengan tantangan. Skill dari setiap kelas yang ditunjukkan saat bertarung melawan musuh, akan membuat pengalaman saat bermain Diablo III menjadi lebih seru dan mengesankan.