Review Kid Icarus – Third Person Shooter Game 3DS

kid icarus

Seri game Kid Icarus telah lama menghilang dalam dunia game selama lebih dari sepuluh tahun dan kini petualangan Pit kembali muncul dalam gaya yang serba baru di Kid Icarus Uprising.

Story

Kid Icarus Uprising mengisahkan petualangan Pit untuk menyelamatkan dunia dari ancaman berbagai pihak seperti dewa, penguasa kegelapan, dan bahkan ada musuh yang nggak disangka bakal muncul seperti UFO dan Bajak Laut Antariksa.

Sepanjang permainan dari awal sampai akhir kisah utama ini terus digunakan sebagai pegangan utama plot dan berhasil dibuat tidak membosankan karena didalamnya terdapat plot-plot kecil yang unik, keren, bahkan konyol. Jadi jangan terlalu serius menanggapi kisah Kid Icarus Uprising karena Pit-nya sendiri juga nggak serius-serius amat kok.

Salah satu contoh misalnya (Awas SPOILER) ketika Pit sedang berjuang keras mendaki menara yang sangat tinggi. Dengan ceria Pit melontarkan pertanyaan “Apakah kita sudah sampai? Apakah kita sudah sampai? Apakah kita sudah sampai?” sampai membuat dewi yang menjadi pemandu Pit marah-marah. Apalagi tiap menemukan air panas, Pit akan langsung berendam dengan penuh kepuasan sampai disindir oleh Dewi “Tiap ada genangan air panas kamu langsung nyemplung ya?”.

Kemudian masalah filosofi serius seperti apakah tindakan Pit membantai berbagai makhluk hanya demi melindungi manusia itu merupakan tindakan baik, dijelaskan dan disajikan dengan ceria tanpa pusing di dalam game. Malah mungkin kamu bisa merasa tergelitik.

Penyajian

Project Sora menyajikan Kid Icarus Uprising dengan dua variasi utama di bidang gameplay dan sangat banyak variasi di bidang desain level.

Adanya dua variasi utama dalam gameplay yaitu gameplay terbang di udara dan pertarungan di darat berhasil dijelaskan dengan baik dari sisi game tanpa terasa sengaja membatasi kebebasan pemain. Permainan tidak dapat selamanya berlangsung di udara karena Pit aslinya tidak dapat terbang dan hanya dapat terbang karena dibantu oleh kekuatan terbang dari Dewi Palutena yang berdurasi selama lima menit. Lebih dari itu maka sayap Pit akan terbakar habis, selayaknya kisah mitologi Icarus yang sayapnya meleleh ketika terbang mendekati matahari. Kemudian dalam pertarungan darat, Pit dapat berjalan bebas membantai musuh dalam tampilan first person atau third person, sesuai kebutuhan kamu.

Berbagai keterbatasan Pit ini nanti juga akan muncul sebagai unsur utama penyajian cerita dan gameplay di beberapa level tertentu. Jadi bukan sekedar kisah belaka yang lepas dari gamenya.

Presentasi Kid Icarus Uprising dalam bidang desain level benar-benar patut dipuji. Berbagai desain imajinatif membuat tiap level terasa berbeda, unik, dan indah. Level dengan gurita di luar angkasa yang kabarnya nikmat dimakan? Ada. Terbang menembus lava? Ada. Sayangnya memang beberapa level awal disajikan dengan gaya yang tampak mirip-mirip, terutama di dalam mode pertarungan darat.

Buat yang dulu pernah memainkan Kid Icarus di NES juga bisa bernostalgia karena musuh-musuh dari era-NES akan muncul dan disajikan dalam tampilan 3D baru dan diperlihatkan perbandingannya dengan bentuk asli mereka di NES. Tiga senjata sakral juga kembali muncul lengkap dengan komentar konyol seperti “Wah seingat saya dulu bentuknya lebih piksel-piksel deh”.

Gameplay

Permainan Kid Icarus Uprising diawali dengan terbang di udara dalam jalur yang sudah ditentukan sehingga kamu bisa menikmati berbagai keindahan tampilan 3D (yang benar-benar tampak bagus di 3D slider sampai max) sambil seru menembak musuh dan menghindari serangan musuh. Kalau berhasil membantai sekelompok musuh maka diberikan nilai bonus dan bila berhasil mengindari berbagai serangan akan mempercepat pengisian serangan spesial yang dapat membasmi musuh dalam satu layar.

Setelah masa terbang selesai, pertarungan dilanjutkan di darat. Disini kamu akan menghadapi sistem kendali yang bisa bikin stress dan bila gagal beradaptasi bisa membuat permainan menjadi menyebalkan terutama pada beberapa area yang memiliki jurang. Untungnya disediakan slider untuk mengatur tingkat kesulitan dan adanya pengaturan sistem kendali yang bisa bebas di edit, sebuah fitur yang biasanya hanya ada di game PC.

Nantinya perminan tidak terbatas pada Pit saja karena akan ada karakter lain yang dapat dikendalikan dan kamu bisa mengendarai berbagai kendaraan termasuk robot. Mereka memberikan nuansa permainan yang berbeda dan menyegarkan kecuali kendaraan bernama Exotank yang bikin sebel untuk dikendarai di beberapa arena yang banyak jurangnya.

Sebagai tambahan ada minigame dengan menggunakan kartu AR yang mengijinkan dua karakter saling bertarung diatas kartu.

Suara

Kid Icarus Uprising secara umum memiliki musik yang tidak memorabel tetapi selalu terasa pas dengan adegan yang kamu alami. Nuansa yang dibawa penuh variasi mulai dari nuansa musik ceria, serius, sampai sedih.

Untuk urusan efek suara juga disajikan dengan baik. Suara langkah kaki Pit ketika berjalan, melompat, serta menghindar terasa pas dan mantap. Berbagai serangan combo dan maut juga memiliki suara-suara yang pas.

Ada satu hal lagi yang nggak kalah hebat, semua dialog disajikan dalam gambar yang ekspresif di layar sentuh dan dilengkapi dengan suara yang sangat pas dengan karakter dan cerita yang dibawa. Tapi kalau kamu merasa sebal dengan ocehan mereka yang nggak pernah berhenti, suara mereka bisa dipelankan kok.

Replaybility

Ada banyak hal yang membuat Kid Icarus Uprising enak dimainkan berulang kali. Kamu bisa mendapatkan senjata dengan menyelesaikan level dengan lebih cepat serta area yang terkunci dapat dibuka dengan pengaturan kesulitan yang lebih tinggi. Kebebasan untuk menentukan tingkat kesulitan memberikan tantangan bermain yang dapat selalu berbeda dan semakin tinggi kesulitannya kamu juga bisa mendapatkan hadiah yang semakin keren, minimal bisa mendapat hadiah hati yang lebih banyak. Lumayan bisa buat beli berbagai item yang dijual para Dewi.

Buat yang suka koleksi bisa menikmati fitur penggabungan senjata, kumpulan idol, gambar rahasia, dan berbagai item koleksi lainnya. Berbagai item yang kamu dapatkan dalam mode singleplayer juga bia dipakai di mode Multiplayer sehingga semaking meningkatkan ajakan untuk bermain lagi, lagi, dan lagi.

Multiplayer

Buat yang punya temen yang sama-sama punya Kid Icarus Uprising bisa bermain multiplayer yang secara umum terbagi dalam mode kerja sama dan mode bebas saling bunuh. Sayangnya bagi yang ingin bermain Multiplayer secara online melalui Internet akan sedikit kerepotan karena perlu beberapa kali mencari sesi permainan untuk mendapatkan permainan yang nyaman bebas lag.

Sayangnya karena item singleplayer juga dibawa ke mode multiplayer, gamer yang masih belum menamatkan game akan berada pada posisi tidak seimbang dimana dia menjadi paling lemah. Tampaknya Nintendo tidak menyediakan sistem matchmaking agar pemain dapat menemukan lawan yang setara, atau bila fiturnya ada tetapi tidak berjalan dengan baik.