Ragnarok M. Eternal Love | Review Ragnarok Mobile MMOPRG

ragnarok mobile eternal love

Dalam dekade terakhir, bisa dibilang salah satu MMORPG yang sukses memenangkan hati para pemain online game di Indonesia adalah Ragnarok Online. Pemain berperan seorang petualang yang berkelana dalam perjalanan untuk mengalahkan monster-monster yang berkeliaran dalam Rune Midgard. Memiliki gameplay dan sistem sosial yang solid, Ragnarok Online digemari oleh banyak kalangan pemain di masanya.

Kini, Xindong bersama dengan Gravity menghadirkan Ragnarok M Eternal Love, dimana game tersebut menghadirkan kembali gameplay Ragnarok yang kita kenal sebelumnya dalam versi PC ke dalam bentuk mobile. Akankah versi Mobile dari Ragnarok ini menghadirkan sesuatu yang baru dalam dunia Ragnarok, ataukah hanya sebatas nostalgia saja? Yuk, simak review crew domain!

Tetap mempertahankan esensi ‘Ragnarok’

Ragnarok M Eternal Love menggunakan Grafis 3D cantik yang memperlihatkan karakter dan kostum yang terdapat dalam Ragnarok M terlihat cantik dalam layar smartphone. Walau demikian, penggunaan 3D tidak mengurangi esensi Ragnarok Online yang kita kenal sebelumnya.

Sistem status dan equipment yang kita kenal baik dalam Ragnarok juga kembali dalam Ragnarok M Eternal Love. Yang sedikit membedakan adalah sistem enchant dimana kamu dapat menambahkan status pada item yang kamu gunakan dengan membayar beberapa pundi Zeny. Kamu juga masih bisa menempa senjata, walaupun kali ini tidak terdapat penalti yang begitu merugikan layaknya versi Ragnarok Online Classic.

Sayangnya, salah satu kekurangan yang dirasakan adalah camera angle yang fixed dan tidak bisa diputar sesuai dengan keinginan. Walau terdapat Photo Mode yang dapat diatur sesuka hati, namun angle camera yang fixed tentu membuat beberapa objek sulit untuk dilihat langsung oleh pemain.

Sistem auto yang mempermudah grinding level

Berbeda dari Ragnarok Online Classic, dalam Ragnarok Mobile para pemain akan dimudahkan dengan fitur Auto yang bisa dipakai untuk membantu grinding dengan mudah. Sistem ini tentu diimplementasikan agar mempermudah para pemain agar dapat memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Tak hanya itu, para pemain juga bisa memasukkan skill-skill yang bisa digunakan secara otomatis oleh karakter mereka sehingga sistem Auto tak asal ‘auto-attack’ semata.

Tentu saja, sistem Auto tak serta merta membuat para pemain bisa grinding level tanpa batas dengan mudah. Ragnarok Mobile memasukkan sistem Stamina dimana dalam satu hari pemain hanya dapat grinding level dalam rentang waktu tertentu. Jumlah sisa stamina yang telah gunakan per hari bisa kamu cek di menu Settings.

Jika Stamina habis, maka para pemain takkan lagi menerima EXP tambahan dari monster yang kamu kalahkan. Hal tersebut juga berfungsi sebagai pencegah agar sistem auto grind ini disalahgunakan.

Kesimpulan

Kembali menghadirkan formula Ragnarok Online dengan rasa yang lebih modern, crew domain rasa Xindong berhasil menghadirkan sensasi nostalgia namun dengan gameplay yang lebih mantap dalam Ragnarok M Eternal Love. Selain berhasil menghadirkan sensasi Ragnarok dalam smartphone, tutorial dan quest juga dibuat lebih efisien sehingga mempermudah pemain baru untuk beradaptasi.

Salah satu kekurangan yang bisa disebutkan mungkin terdapat pada sistem Quest yang kurang bisa dipantau dengan baik oleh pemain, dan angle camera aneh di beberapa map. Terlepas dari kekurangan-kekurangan tersebut, Ragnarok M Eternal Love tetap menjadi salah satu Mobile MMORPG yang wajib kalian mainkan bersama teman-teman kalian.