PUBG Battle Royal Online

pubg

PUBG adalah sebuah game multiplayer kompetitif yang menjadikan “Battle-Royale” sebagai genre utama. Bagi Anda yang tidak familiar, Battle-Royale sendiri merupakan sebuah film klasik Jepang populer di tahun 2000 silam, yang diadaptasikan dari sebuah novel keluaran tahun 1999. Ia menceritakan soal sekelompok anak muda yang ditempatkan di sebuah pulau terpencil oleh pemerintah dengan satu tujuan utama, meminta mereka bertarung hingga mati satu sama lain.

Masing-masing mereka mendapatkan sebuah kotak perbekalan acak berisikan senjata. Dan seiring dengan berjalannya waktu, wilayah “pertempuran” juga diperkecil. Battle-Royale menjadi sebuah seri klasik yang sepertinya tidak akan asing lagi banyak gamer yang tumbuh dewasa di tahun 2000-an.

Tentu saja, bukan Battle-Royale ini yang secara otomatis diadaptasikan oleh Bluehole Studio begitu saja. Yang mereka tawarkan di sini adalah sebuah seri game kompetitif multiplayer baru yang mengusung konsep serupa di dalam gameplay. Percaya atau tidak merupakan sesuatu yang sudah berusaha diadaptasikan di masa lalu, namun tak pernah berhasil.

PUBG memuat pertempuran 100 orang secara bersamaan di sebuah area yang besar. Semuanya datang tanpa perbekalan apapun. Setiap dari mereka harus memperkuat dan mempersenjatai diri mereka dengan apapun yang mereka temukan di arena yang ada. Bahkan panci penggorengan saja terhitung sebagai senjata melee. Body armor untuk menahan sedikit laju peluru dan senjata api kaliber berat. Terkadang, Anda juga bisa menemukan kendaraan air ataupun darat untuk ekstra mobilitas.

Selanjutnya? Seperti versi film yang menjadi basis inspirasinya, game ini berakhir lugas. Anda hanya perlu bertahan hingga akhir. Menjadi satu-satunya player yang selamat di tengah pertempuran ganas ini. Tidak banyak ada kesempatan bersembunyi hanya di satu tempat saja. Karena daerah dimana Anda bisa bergerak juga akan terus diperkecil seiring dengan waktu berjalan. Yang Anda temukan adalah sebuah arena besar yang akan terus memaksa Anda untuk berhadapan dengan satu sama lain.

Lugas, tidak ada lagi yang ditawarkan oleh PUBG selain sensasi yang satu ini. Faktor kompleksitas tentu saja akan meningkat sesuai dengan mode yang Anda pilih. Selain bermain secara Solo, Anda juga bisa bermain dalam format Duo (2 orang) dan juga Squad (4 orang). Baik secara acak ataupun dengan mengundang teman dari Friend List Anda.

Bermain dalam format kooperatif seperti ini memang lebih sulit. Tidak hanya karena lawan Anda yang kini akan bergerak dalam format strategi tertentu saja, tetapi juga fakta bahwa Anda kini harus memikirkan lebih banyak daripada sekedar keselamatan Anda sendiri.

Setelah beberapa bulan masa Early Access, perpindahan ke versi 1.0 memang menawarkan peta dan fitur baru. Salah satu fitur teranyar yang esensial adalah kemampuan untuk melompati rintangan yang ada lewat aksi yang sederhana, setelah sebelumnya harus dilakukan secara manual. Di atas kertas, ia mungkin terdengar tidak signifikan. Namun ketika bertarung di dalam arena, Anda akan bisa merasakan seberapa pentingnya fitur baru yang satu ini.

Maka, inilah PUBG, sebuah game multiplayer kompetitif, yang bisa dimainkan solo ataupun berkelompok, dimana Anda harus berjuang untuk bertahan hidup selama mungkin di dalam arena.

Keacakan memang masih menjadi sesuatu yang memainkan peran penting di sini karena Anda bisa berakhir beruntung mendapatkan rangkaian senjata dan equipment esensial ketika Anda jatuh pertama kalinya, atau berakhir sial dan tak menemukan apapun. Membuat Anda menjadi mangsa yang menunggu untuk diterkam. Namun kelugasan gameplay tanpa omong kosong yang ditawarkan PUBG adalah salah satu kekuatan utamanya.

Pertanyaannya tentu saja satu, mengapa game ini bisa begitu populer? PUBG sebenarnya bukanlah game pertama yang mengaplikasikan genre battle-royale ini. Ada banyak game populer lain yang berusaha masuk ke pasar yang sama. The Culling misalnya, namun berakhir tenggelam dengan cepat setelah mencapai tingkat popularitas tinggi dengan cepat. Setelah menyelaminya lewat beberapa jam gameplay yang masih belum berujung kemenangan hingga saat ini, ada beberapa hal yang menurut kami berkontribusi pada sensasi adiksi ini.

Pertama. Tentu saja karena ia adalah sebuah game multiplayer yang memuat 100 orang pada saat bersamaan, di sebuah arena yang luas. Bahwa tidak hanya konsep dunia terbuka yang membuka peluang untuk begitu banyak strategi dan pergerakan saja, tetapi karena skenario pertempuran 100 orang tidak akan pernah menghasilkan satu pengalaman yang sama dari satu pertempuran ke pertempuran lainnya.

Bluehole Studio juga membuat game ini punya mekanisme reward yang terasa lebih berharga dibandingkan dengan hukuman yang harus Anda pikul. Satu-satunya hukuman yang harus Anda “pikul” setelah mati adalah rasa malu dan menyesal karena Anda tidak berhati-hati. Anda bisa langsung keluar ke Lobby utama (baik solo ataupun Squad) atau menonton aksi teman Anda dan berbincang-bincang (Duo / Squad) setelah tewas.

Jika Anda ingin melanjutkan langsung ke pertandingan selanjutnya yang kini didukung server untuk beragam region demi menjamin pengalaman multiplayer yang lebih cepat dan solid, Anda bisa melakukannya. Dan selama proses ini, seberapa buruk pun performa Anda, Anda tetap akan “dihadiahi” sejumlah mata uang in-game yang bisa digunakan untuk membeli lootbox yang berisikan beragam item kosmetik yang bisa digunakan. Berita baiknya? Bluehole juga cukup “murah hati” mendistribusikan lootbox tersebut.

Kehadiran fitur 1.0 juga menambahkan beberapa ekstra fungsi yang memang membuat pengalaman ini kian menarik. Contohnya adalah fitur Death Cam. Tidak lagi harus dipusingkan lagi dengan rasa penasarn bagaimana Anda berakhir tewas dan siapa yang sebenarnya mencabut nyawa Anda. “Death Cam” akan memperlihatkan aksi tersebut dengan jelas.

Desain Audio yang Fantastis

Sebagai sebuah game multiplayer kompetitif yang mengusung sebuah arena masif tanpa clue jelas dimana lawan Anda bergerak, bersembunyi, dan beraksi. Audio menjadi satu-satunya petunjuk yang bisa Anda manfaatkan. Walaupun akurasi soal bunyi senjata mungkin masih dipertanyakan oleh beberapa gamer, namun suara-suara ini menjadi semacam penanda dan pengingat. Sekaligus clue bagi Anda untuk mengambil manuver selanjutnya.

Dari sekedar mendengar bunyi tembakan dan kendaran di kejauhan untuk mendapatkan gambaran soal sumber ancaman potensial. Membuat anda memutuskan apakah Anda harus bereaksi atau tidak. Hingga sekedar suara langkah kaki dalam satu rumah yang bisa dengan jelas membantu Anda mempersiapkan diri terhadap musuh yang ada. Mendengar dan memerhatikan suara yang muncul di sepanjang permainan, akan membantu Anda bertahan hidup.

Maka darinya pula, sebuah sensasi yang jarang Anda temukan di game-game action berbasis multiplayer muncul ke permukaan. Situasi dimana keheningan akan membuat Anda mendengar lebih jelas sumber suara dan juga potensi untuk bereaksi lebih cepat. Menghasilkan atmosfer ketegangan yang akan secara konsisten hadir. Anda akan secara otomatis berusaha untuk berdiri dan bergerak setenang mungkin untuk memastkan clue audio ini tidak terlewatkan begitu saja. Dan berujung menjadi salah satu alasan mengapa Anda kalah.