Patapon 2 Game | Hancurkan Musuhmu Dengan Irama Musik

patapon 2

Masih ingat dengan game Patapon, game yang pernah mengguncang dunia PSP dengan gameplay-nya yang unik dan bahkan sempat dikatakan sebagai salah satu game terbaik di PSP? Sekarang dengan kehadiran penerusnya, Patapon 2, diharapkan game ini bisa tetap membawa obor kesuksesan seperti halnya Patapon 1. Sekilas, game ini agak-agak mirip dengan game sebelumnya, dengan tampilan Patapolis yang juga mirip dan gameplay yang juga mirip. Bisa dikatakan, hampir semua elemen disini mirip-mirip.

Tapi untungnya, game ini tidak mengulang kesalahan pada game-game lain yang juga memilikki sekuel. Patapon 2 justru berevolusi menjadi game yang lebih baik dibandingkan dengan Patapon 1. Game ini memilikki jalan cerita yang lebih panjang, lagu yang lebih banyak, karakter yang lebih banyak, monster yang lebih banyak, barang yang lebih banyak, minigames yang lebih banyak dan masih banyak lagi hal lain yang lebih banyak dari biasanya.

Kisah dalam Patapon 2 dimulai dengan sebuah keadaan dimana pada Patapon pertama, akhir yang diterima adalah akhir bahagia. Tapi karena merasa bosan, mereka pun mulai berlayar untuk mencari Earthend. Setelah 49 hari berlayar, arus air menjadi semakin sadis dan bahkan menenggelamkan para suku tersebut. Akhirnya, makhluk bermata tersebut terdampar di sebuah pulau yang pastinya sudah gamer kenal. Mereka akan kembali bergabung dengan Hatapon, sang pembawa bendera dan sekarang tugasmu adalah untuk membawa mereka ke dalam petualangan selanjutnya.

Bagi gamer yang belum pernah memainkan game ini, Patapon merupakan sebuah suku bermata satu yang berusaha untuk menjalani hidup di alam liar. Kamu akan bertindak sebagai sang Tuhan. Saat kamu memainkan Patapon 2, kamu akan menggunakan keempat tombol yang ada sebagai drum untuk memimpin suku tersebut. Setiap lagu yang kamu mainkan disini akan berperan sebagai perintah untuk kelompok tersebut dan lagu tersebut baru bisa kamu keluarkan dengan kombinasi empat tombol yang ada.

Dalam Patapon 2, kamu masih tetap akan bermain dengan cara yang sama. Kamu akan memberikan perintah menggunakan lagu. Yang membuat game ini menjadi berubah adalah adanya tambahan Hero ke dalam jajaran para petempur tersebut. Patapon tersebut merupakan patapon yang mengenakan topeng dan akan kembali hidup setelah dikalahkan oleh musuh dalam pertarungan. Hero ini bahkan bisa merubah kelasnya sebelum memulai misi. Apabila kamu membutuhkan kekuatan dari seorang Dekapon, petarung yang mengandalkan tongkat untuk pertempuran ataupun Kibapon yang menggunakan kuda, kamu bisa langsung merubah kelas Hero tersebut dan memberikannya perlengkapan yang cocok.

Apabila kamu sudah berhasil menemukan ritme permainan, kamu bahkan bisa mengeluarkan serangan spesial dari Hero yang pastinya akan mengakibatkan banyak sekali damage dan bisa dengan mudah merubah alur peperangan. Mengingat kekalahan akan menghampiri saat pemegang bendera mati atau seluruh anggota kelompok selain pemegang bendera mati, menggunakan hero kamu yang nyaris tidak terkalahkan ini merupakan salah satu terbaik untuk menyelesaikan sebuah misi yang sulit.

Seperti halnya Patapon pertama, suku tersebut akan memasukki Fever mode yang akan menyebabkan kecepatan serta besarnya damage yang dihasilkan meningkat, apabila kamu berhasil memasukkan perintah pada saat yang tepat. Tapi, apabila kamu gagal menemukan timingnya, nanti kamu akan mendengarkan bunyi sirene yang sangat mengganggu dan akan muncul gambar tengkorak di layar yang memberitahukan kepada kamu bahwa kamu harus bisa memasukkan nada selanjutnya dengan sempurna atau kamu akan kehilangan Fever mode itu.

Tambahan lain adalah adanya Evolution Tree. Dengan menggunakan Evolution Tree ini, kamu bisa menciptakan sebuah Patapon yang bernama Rarepons. Rarepons adalah patapon berwarna yang akan memilikki status yang lebih kuat. Apabila pada Patapon pertama, kamu tidak akan bisa mengetahui Patapon apa yang akan kamu hasilkan, maka kali ini kamu bisa secara khusus mengkustomisasi anggota sukumu bahkan hingga ke petarung secara individu.

Setiap Patapon selalu memulai karirnya dengan penampilan serba hitam dan juga sebuah mata besar. Dengan menggunakan Evolution Tree, kamu bisa menggunakan makanan, logam dan barang-barang lainnya untuk merubah sang petarung tersebut menjadi satu dari enam belas Rarepons yang ada. Tentu saja Rarepons ini memilikki kelebihan dan kekurangan. Ada yang jago dalam menghadapi serangan kritikal tapi lemah menghadapi api, ada yang lemah terhadap es tapi memiliki kekuatan yang sangat kuat dan ada beberapa yang memilikki nama yang unik. Semuanya ini akan dijelaskan sebelum kamu mulai menciptakan sebuah Patapon. Setelah kamu menentukan Rarepons apa yang ingin kamu buat, maka kamu bisa mulai memasukkan semua bahan-bahan yang ada untuk meningkatkan level karakter yang sedang kamu buat ini. Level tertinggi disini adalah level 10.

Walau begitu, game ini masih tetap memilikki kekurangan. Satu-satunya kekurangan yang crew domain anggap sangat parah adalah kenyataan tidak adanya fitur paused. Tentu akan sangat mengganggu apabila disaat kamu sedang bermain, ada orang yang membutuhkan bantuan kamu, sedangkan kamu tidak bisa menghentikan permainan ini di tengah-tengah. Satu-satunya cara untuk menghadapi hal tersebut hanyalah membiarkan game ini begitu saja ataupun mematikan mesin ini langsung. Kedua cara tersebut sama sekali tidak efektif.

Satu hal lagi, game ini hanya bisa kamu peroleh dengan mendownload game itu langsung. Apabila kamu pergi untuk membeli kaset aslinya langsung, kamu hanya akan mendapatkan sebuah kotak, manual game tersebut dan sebuah voucher yang di dalamnya terdapat kode yang harus kamu masukkan ke dalam PlayStation Store untuk mendapatkan game ini.

Komentar terakhir dari crew domain, Patapon 2 adalah sebuah game yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan Patapon 1. Kali ini akan lebih mudah untuk mengkustomisasi karaktermu karena adanya kendali yang diberikan oleh Evolution Tree kepada kamu. Patapon 2 benar-benar menawarkan sebuah permainan yang lebih dalam bila dibandingkan dengan Patapon 1.