One Piece: Pirate Warriors 3 | Review Game Action

one piece pirate warriors 3

One Piece jelas merupakan salah satu judul manga paling terkenal di seluruh dunia selama belasan tahun belakang ini. Kepopulerannya juga membuat One Piece mendapatkan berbagai adaptasi entah dalam bentuk animasi maupun video game. Nah, untuk video game, One Piece telah diadaptasi ke berbagai genre, namun crew domain rasa seri One Piece: Pirate Warriors adalah salah satu adaptasi yang serius membawa semangat One Piece dalam gameplay yang dimilikinya seperti yang juga ada pada One Piece: Unlimited World Red.

One Piece: Pirate Warriors 3 merupakan iterasi ketiga dari seri Pirate Warriors, dan seperti seri Warriors pada umumnya, game ini mengusung gameplay satu lawan seribu dengan aksi cepat, lebay, dan memuaskan. Dari segi gameplay dan konsep, sepertinya One Piece: Pirate Warriors 3 terkesan tidak memiliki sesuatu yang benar-benar baru, tapi apakah memang benar demikian?

Pada Dasarnya, Sebuah Game One Piece

One Piece: Pirate Warriors 3 bisa dibilang memiliki format cerita yang sama seperti seri game Warriors yang digarap oleh Omega Force. Kamu akan menemukan kumpulan kisah-kisah One Piece yang diceritakan secara kronologis dalam bentuk level permainan.

Mulai dari arc Romance Dawn hingga arc Dressrosa akan kamu alami sendiri di sini dan masing-masing bab dirangkum dengan sangat singkat. Cocok untuk kamu yang belum pernah tahu cerita dalam seri One Piece maupun kamu yang ingin kembali momen-momen mengharukan dalam One Piece. Meski demikian, game ini menghadirkan ending orisinal sehingga sebaiknya kamu tidak perlu terlalu terpaku dengan akhir cerita yang disuguhkan.
Karakter yang tersedia untuk bisa kamu mainkan jelas tidak perlu ditanya lagi. Seluruh anggota Straw Hat Pirates bisa kamu gunakan. Seiring berlanjutnya cerita, karakter-karakter lain pun bisa kamu gunakan di luar Story Mode meskipun memang tidak semuanya bisa kamu akses.

Bersihkan Layar dari Musuh yang Menghadang

Gameplay yang disediakan dalam One Piece: Pirate Warriors 3 seharusnya sudah bisa ditebak dengan mudah. Kamu akan menggunakan salah satu karakter yang tersedia dan maju menghadapi ribuan musuh yang menghadang untuk menyelesaikan sebuah tujuan. Secara keseluruhan memang mirip Dynasty Warriors atau Samurai Warriors, namun dengan beberapa perbedaan.

Jurus yang kamu luncurkan sudah pasti didasari dengan jurus-jurus yang bisa digunakan para karakter One Piece dalam seri manga. Luffy memiliki kekuatan manusia karet, Zoro menggunakan tiga pedang, Sanji memiliki tendangan mematikan, Chopper bisa berubah bentuk, dan kemampuan karakter lainnya yang sudah kamu kenal akan bisa kamu gunakan dalam game ini.

Yang menarik adalah kemampuan dari masing-masing karakter akan berubah seiring berjalannya cerita seperti yang pernah muncul dalam manga. Contohnya, Luffy nantinya bisa menggunakan Haki pada saat-saat tertentu.

Serangan dalam seri Warriors bisa dikerahkan dengan kombinasi tombol sederhana dan hal tersebut juga dipertahankan dalam One Piece: Pirate Warriors 3. Serangan yang menghasilkan daya rusak tinggi, jarak jangkauan yang luas, dan diadaptasi dari sumber secara baik mampu memberikan kepuasan saat kamu bisa mengalahkan ratusan musuh dalam satu layar.

Hal yang sama berlaku dengan jurus spesial (atau yang sering disebut Musou) unik yang bisa dikerahkan masing-masing karakter. Serangan spesial itu dijamin memberikan kepuasan yang tidak bisa diberikan game action biasa.

Kizuna Rush – Tambahan Baru yang Mewarnai Permainan

Semuanya tidak sampai di situ saja. Ada fitur baru bernama Kizuna Rush yang akan membuat permainan menjadi lebih kacau (dalam artian baik). Dengan Kizuna Rush, kamu bisa “memanggil” teman satu faksi sementara untuk membantumu menyambung serangan. Rekan yang bisa kamu panggil juga beragam tergantung ada siapa saja dalam sebuah pertempuran. Sistem ini memberikan nilai lebih karena masing-masing Kizuna Rush dari setiap karakter memiliki efek yang berbeda.

Contohnya, Luffy bisa melontarkan musuh ke udara sehingga ada momentum untuk menyambung serangan lagi, Ussop bisa memberikan serangan membakar musuh, dan masih banyak variasi lainnya. Dengan Kizuna Rush, pertarungan menjadi sangat berwarna dan tidak terlalu monoton.

Ada juga yang disebut Kizuna Mode yang akan membuat kamu bisa melancarkan serangan yang lebih kuat dan mendapatkan bermacam-macam status buff. Serangan spesial ketika berada dalam Kizuna Mode juga akan berubah dengan artian kamu akan melakukan serangan spesial bersamaan dengan rekanmu pilihanmu.

Jumlah rekan yang bisa ikut menyumbangkan serangan secara bersamaan juga cukup banyak. Terakhir kali crew domain mencoba, crew domain bisa melakukan serangan spesial dalam Kizuna Mode bersama dengan empat orang lainnya sehingga serangan spesial tersebut bisa menyapu bersih seluruh musuh dalam satu layar dan hal itu sangatlah memuaskan.

Pada Dasarnya Sebuah Game Warriors, dengan Sedikit Tambahan

One Piece: Pirate Warriors 3 juga memiliki beberapa elemen gameplay yang sering kali kamu temukan dalam semua seri Warriors. Mulai dari markas yang bisa diambil alih, misi sampingan dalam sebuah level, dan berbagai hal lainnya. Ada juga yang disebut Treasure Event yaitu sebuah misi dengan kondisi tertentu yang akan memberikan kamu imbalan tertentu. Ini bisa memberikan sebuah replay value bagi kamu yang suka mengumpulkan berbagai hal.

Walaupun One Piece: Pirate Warriors 3 memiliki banyak fitur baru, crew domain tidak bisa bilang sepenuhnya bahwa game tersebut terhindar dari penyakit repetisi yang muncul dari setiap seri Warriors. Gameplay action yang sangat lebay dalam game ini akan terasa repetitif ketika kamu memainkannya dalam waktu singkat sekalipun, bahkan mungkin terasa melelahkan. Durasi satu level dalam game ini juga terasa terlalu lama sehingga progres permainan kadang terasa terlalu lambat.

Tadi crew domain sempat menyebutkan bahwa One Piece: Pirate Warriors 3 berhasil membawa semangat seri One Piece ke dalam gameplay, bukan? Itu bisa dibuktikan lewat beberapa detail seperti percakapan yang dibuat menjadi format mirip manga atau detail kecil menyebalkan seperti ketika Sanji berhadapan dengan wanita yang membuatnya tidak bisa melakukan serangan sama sekali.

Tampilan Layaknya Manga Berwarna

Tampilan visual One Piece: Pirate Warriors 3 bisa dibilang cukup menarik. Model 3D yang disajikan sangat mendekati sumbernya dan memiliki shading yang unik karena terlihat seperti tampilan dalam sebuah manga lengkap dengan goresan shading pena yang khas One Piece. crew domainngnya, hal tersebut kurang terlihat dari lingkungan sekitar yang ditampilkan One Piece: Pirate Warriors 3. Terkadang dunia yang ada terlihat sangat datar meski masih dipenuhi warna-warni.

Optimisasi dalam One Piece: Pirate Warriors 3 sebenarnya termasuk cukup baik apabila dibandingkan dengan Dynasty Warriors 8: Xtreme Legends Complete Edition atau Samurai Warriors 4. Namun game ini masih memiliki sedikit masalah seperti frame rate yang masih terasa tidak stabil untuk beberapa bagian. Tapi hal ini masih bisa dimaklumi karena penurunan terjadi ketika musuh berada cukup banyak dalam satu layar atau ketika efek cuaca seperti hujan tengah berjalan.

Kesimpulan

One Piece: Pirate Warriors 3 adalah sebuah seri Warriors yang berusaha sebaik mungkin mengadaptasi seri One Piece ke dalam sebuah game action yang memberikan kepuasan ketika kamu mengalahkan banyak musuh dalam sekali serang. Jika kamu merasa ingin memainkan sebuah game adaptasi manga yang seru, sederhana, dan menyenangkan, kamu tidak perlu ragu untuk memilih One Piece: Pirate Warriors 3.