Monster Hunter 4 Unlimited | Game RPG Action Nintendo 3DS

monster hunter 4 unlimited

Monster Hunter (MH) 4 Unlimited merupakan game bergenre action adventure yang dikembangkan sekaligus dirilis oleh Capcom eksklusif untuk konsol Nintendo 3DS pada Februari 2015 di Amerika, Eropa dan Australia. Dengan kata lain, MH4 Unlimited ini merupakan versi berbahasa Inggris dari Monster Hunter 4G yang dirilis di Jepang. Hanya beda penamaan dan bahasa, sedangkan sisanya sama saja.

Seperti seri MH lainnya, pemain akan dibawa dalam petalangan seru dalam menghadapi monster-monster ganas demi mendapatkan material khusus yang untuk mengembangkan perlengkapan berburu. Game ini menyuguhkan pertempuran yang sangat dinamis. MH4 Unlimited memungkinkan karakter untuk menyerang ketika sedang melompat (air attack) yang mana fitur tersebut belum pernah ada di seri MH sebelumnya. Sayangnya, fitur pertempuran dalam air dari MH3 dihilangkan pada game ini, untuk memberikan pengalaman yang lebih banyak ke eksplorasi dan petualangan.

Perlengkapan yang bisa dibangun dari material yang didapatkan saat berburu, khususnya tulang-belulang, kulit, hingga kuku monster. Untuk mendapatkannnya, pemain bisa mengulang misi tempat material yang dibutuhkan berada. Apabila misinya mudah dan seru, misalnya misi membunuh monster, maka permainan akan menyenangkan. Sayangnya, apabila misi tempat material itu berada sulit dan membosankan seperti halnya menangkan monster, maka permainan akan terasa sangat panjang dan sulit.

Bagian seru dari MH4 Unlimited adalah konstumisasi karakternya. Mulai dari konstum, persenjataan, ransum dan kerjasama tim. Beda senjata, maka gerakan yang akan dilancarkan oleh karakter juga akan sangat berbeda dan MH4 Unlimited ini kehadiaran dua senjata baru yaitu Insect Glaive dan Charge Blade. Setiap senjata memiliki jurus spesialnya tersendiri seperti yang paling populer adalah spear dengan jurus charge, great sword dengan jurus pukulan tenaga penuh, dan beberapa lainnya.

MH4 Unlimited merupakan debut pertama dari seri Monster Hunter yang menghadirkan fitur online mulatiplayer di konsol handheld. MH3 di konsol PSP dan 3DS juga ada sih fitur multiplayer, tapi tidak olnline, hanya local multiplayer saja. Andaikan ingin online pun, harus diintergasikan terlebih dahulu dengan PlayStation 3 untuk PSP, atau Wii U untuk 3DS. Minimal, dengan adanya fitur online multiplayer di MH4 Unlimited, akan memudahkan pemain dalam mencari grup untuk menjalankan misi.

Dilihat dari grafisnya, seharusnya game ini menyuguhkan detail yang amat sangat keren. Namun sayangnya, konsol untuk memainkan game ini hanyalah Nintendo 3DS yang detail gambarnya tidak sebagus konsol terbaru saat ini. Kru domain teringat akan Monster Hunter pertama yang dimainkan di PlayStation 2 yang mana detail karakter, monster dan lingkungannya sangat bagus. Alangkah jauh lebih keren lagi, apabila MH4 Unltimate ini dikembangkan juga untuk PlayStation 4 dan Xbox One.

Demikianlah ulasan Kru domain untuk game MH4 Unlimited. Agar permainan terasa lebih seru, Kru domain merekomendasikan untuk memainkan MH4 Unlimited dengan Ninterdo 3DS model terbaru.