Mobius Final Fantasy | Review Game RPG Square Enix

mobius final fantasy

Iterasi terbaru Final Fantasy untuk platform mobile, Mobius Final Fantasy, telah dirilis secara resmi oleh developernya, Square Enix di Jepang. Tidak tanggung-tanggung, situs resmi game tersebut menyebutkan angka unduhan yang telah mencapai 2,5 juta kali di hari perdananya. Karena sudah lama penasaran, crew domain pun nekat ikut mengunduhnya dari Apple App Store Jepang walaupun tidak dapat membaca tulisan kanji sama sekali.

Mobius Final Fantasy telah lama menggelitik rasa penasaran crew domain. Sejak keberadaannya diungkap tahun lalu, game tersebut sukses membuat crew domain ingin memainkannya berkat keindahan grafis yang dipamerkan. crew domain pikir ini akan menjadi game Final Fantasy di gadget mobile dengan grafis terbagus sejauh ini.

Pastikan Kamu Terhubung dengan Jaringan Wi-Fi

Keterangan pada Apple App Store menunjukkan ukuran aplikasi Mobius Final Fantasy yang hanya sebesar 70 MB. crew domain pikir hal ini cukup aneh untuk sebuah game dengan kualitas grafis yang luar biasa bagus. Ternyata ketidakpercayaan crew domain terbukti setelah berhasil memasang game tersebut di perangkat yang crew domain miliki. Belum apa-apa, game sudah mengharuskan crew domain untuk mengunduh data tambahan dengan ukuran yang sangat besar. Ukuran aplikasi Mobius Final Fantasy pun langsung membengkak menjadi 1,1 GB pada saat game dimulai.

Di sisi lain, proses pengunduhan data tambahan tersebut terbilang cukup unik. crew domain disajikan adegan sinematik yang menjadi prolog Mobius Final Fantasy. Adegan tersebut mirip dengan cutscene yang biasa ditemui pada RPG di console. Game juga menampilkan berbagai pemandangan latar dunia Paramitia, tempat sang protagonis Wol bertualang, yang sangat indah.

Segudang Fitur untuk Dieksplorasi

Permainan diawali dengan sang protagonis yang mengalami amnesia. Tampaknya ia lupa siapa jati dirinya dan dari mana ia berasal. Untungnya ia masih ingat cara bertarung melawan monster, karena kepungan musuh yang ditemuinya ketika siuman langsung ia babat habis. Aksinya menghajar monster ini sekaligus menjadi tutorial di dalam game agar para pemain bisa segera familier dengan sistem pertarungan turn-based yang menjadi inti dari Mobius Final Fantasy.

Bertarung di Mobius Final Fantasy cukup mudah. Kamu cukup memilih musuh yang ingin dihajar dan melakukan tap pada layar untuk menyerangnya. Melakukan tap secara berulang akan menghasilkan combo yang menghasilkan damage beruntun. Pemain dan musuh akan bergantian melakukan serangan sesuai giliran masing-masing.

Sistem pertarungan standar ini memiliki beragam hal yang membuatnya semakin kompleks. Berbagai mekanisme yang ada di belakangnya antara lain adalah elemen alam dasar (air, api, tanah, angin, dan lain-lain) khas RPG, sistem ability berbasis kartu, koleksi orb untuk mengaktifkan skill, dan sebagainya. Semua hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap strategi saat berhadapan dengan musuh.

Di luar kompleksitas sistem pertarungan tersebut, Mobius Final Fantasy masih menyimpan segudang fitur yang menjanjikan kedalaman gameplay. Terdapat pilihan jenis kelas yang bisa dengan bebas dipilih di sepanjang permainan, fitur padu padan dan upgrade kartu ability untuk memperkuat serangan sang tokoh utama, serta pilihan equipment yang sangat beragam dengan keunikan masing-masing yang bisa kamu temukan.

Penuh Fitur Sosial Ala Game Free-To-Play

Mobius Final Fantasy didesain dengan mengedepankan faktor sosial. Hal ini terasa dari kebutuhan game untuk selalu terkoneksi dengan server Square Enix sepanjang permainan. Dengan terhubung pada server, kamu bisa meminjam salah satu kartu ability yang dimiliki teman untuk dipakai pada saat pertarungan.

Kamu juga bisa melihat progres permainan pemain lain relatif dengan posisi kamu sekarang. Belum punya teman yang memainkan Mobius Final Fantasy? Jangan khawatir, game secara otomatis akan merekomendasikan pemain lain yang memiliki progres permainan setara denganmu.

Petualangan utama Wol di dunia Paramitia digambarkan dengan perjalanannya dari satu titik ke titik lain. Pertarungan melawan monster telah mananti di setiap titik perhentian yang dilalui. Selain itu, perjalanan ke titik selanjutnya juga akan menghabiskan beberapa poin stamina yang akan terisi kembali setelah menunggu beberapa saat. Sistem stamina ini serupa dengan sistem energi yang biasa crew domain jumpai di game free-to-play lainnya.

Bukan Game Sempurna, Tapi Tetap Wajib Dimainkan!

Semua hal yang crew domain sampaikan di atas hanyalah secuil dari banyak fitur yang ditawarkan di Mobius Final Fantasy. crew domain baru memainkan game tersebut selama beberapa jam. Sejauh ini, crew domain bisa menikmati permainan tanpa merasa dipaksa untuk menebus IAP yang ditawarkan di dalamnya.

Walau game masih sering dihantui dengan kendala performa seperti penurunan frame rate maupun lag pada adegan yang penuh aksi, masalah-masalah itu bisa ditutupi dengan gameplay yang cukup seru dan dalam.

crew domainngnya kemampuan bahasa Jepang crew domain yang terbatas menjadi penghalang untuk memahami Mobius Final Fantasy secara lebih detail. Namun, dengan segala keterbatasan yang ada, crew domain tetap dapat mengatakan bahwa ini adalah salah satu game yang wajib kamu mainkan suatu saat kelak. Semoga versi internasional dari Mobius Final Fantasy dapat segera dirilis oleh Square Enix!