Maksimalkan Permainan Anda Dengan Laptop Asus ROG G703GX

laptop asus rog g703gx

Kebutuhan sebuah laptop dengan performa yang dapat memuaskan para penggunanya memang tidak akan ada habisnya, mungkin hanya ada yang butuh mobilitasnya, ada pula yang membutuhkan laptop gaming dengan performa yang sangat mumpuni tanpa perlu khawatir akan kemampuannya menjalankan game-game terkini hingga beberapa tahun kedepan.

Semenjak memasuki tahun 2019, ASUS sebagai salah satu produsen laptop gaming dengan merk ROG andalannya sudah memperbaharui berbagai lini laptop gaming miliknya. Mulai dari mainstream, hingga untuk kalangan enthusiast ataupun hardcore gamer sekalipun. Yang terbaru? ASUS ROG G703GX, sebuah laptop gaming “monster” dengan spesifikasi yang luar biasa.

Si Monster yang “Bongsor”

Ya, kata-kata Si Monster yang “Bongsor” memang sangat tepat untuk menggambar laptop gaming milik ASUS ini. Pasalnya, varian G703 bukanlah lini Zephyrus yang memiliki bodi tipis. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena memang ASUS memiliki alasan tersendiri mengapa laptop gaming ini memiliki bentuk yang bongsor, ya laptop gaming ini memiliki prosesor layaknya sebuah dekstop, RTX 2080, serta sistem cooling yang sangat mumpuni, nanti akan crew domain lebih lengkap di halaman selanjutnya.

Disamping itu, ASUS ROG G703GX tetap memiliki “tampilan” yang sangat tampan layaknya sebuah laptop gaming premium. Bobotnya bisa mencapai 4kg dengan ketebalan 5.1cm. Bahan alumunium miliknya juga sangat kokoh serta penempatan sistem pembuangan udara panas terlihat sangat baik karena bodinya yang bongsor sehingga lumayan mampu menekan temperatur yang tinggi ketika menjalankan berbagai game atau aplikasi yang berat.

Pada bagian depan, ASUS ROG G703GX memiliki berbagai tombol multimedia yang sangat lengkap, mulai dari tombol ROG Center, Aura, volume, mic, hingga tombol power yang dibuat terpisah cukup jauh. Laptop gaming ini juga dilengkapi dengan keyboard dengan teknologi ROG HyperStrike Extreme untuk menempatkan kontrol yang menentukan di ujung jari serta fitur Aura RGB yang membuatnya semakin terlihat “gaming” dan kekinian.

Untuk urusan konektivitas, laptop gaming ini juga sudah dibekali dengan fitur yang cukup lengkap untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Dibagian kiri terdapat slot 1x USB 3.1, 1x USB Type-C, dan juga 1x LAN RJ45. Dibagian kanan, terdapat 2x USB 3.1, 1x MicroSD, serta kensington lock dan juga exhaust. Sementara dibagian belakang terdapat 1x HDMI, 1x MDP, 2x colokan power, dan juga exhaust untuk mengeluarkan udara panas.

Layar mewah

Salah satu bagian istimewa yang dimilik ASUS ROG G703GX tidak hanya terdapat pada spesifikasi dapur pacu yang dimilikinya saja, melainkan juga pada bagian layarnya yang bakal memanjakan para gamer. Laptop gaming ini memiliki layar dengan teknologi IPS berukuran 17,3 inci dengan resolusi 1080p yang sangat responsif dengan menawarkan kecepatan refresh rate 144Hz dan response time 3ms yang tentunya untuk “memuaskan hasrat” para gamer yang bermain di berbagai game kompetitif.

Karena mengikutinya bodinya yang tebal, sayangnya layar pada laptop gaming ini memiliki bazel yang cukup tebal untuk ukuran sebuah laptop gaming terkini. Tetapi tenang aja, semua itu benar-benar terobati dengan spesifikasi color Gamut hingga 100 persen serta dukungan teknologi G-SYNC dari NVIDIA untuk memaksimal dapur pacu yang dimilikinya.

Dapur pacu? Monster!

Seperti yang crew domain sebutkan pada halaman sebelumnya, bodi bongsor yang disematkan tentunya bukan tanpa alasan, karena ASUS menanamkan berbagai jeroan yang dapat menunjang aktivitas para gamer. Sebut saja prosesor miliknya yang dibekali dengan Intel Core i9-8950HK yang bisa digeber hingga 4.8GHz. Untuk menunjangnya juga sudah ditanamkan RAM sebesar 2x 32GB yang berjalan pada kecepatan 2666MHz.

Prosesor ngebut, serta RAM yang besar tentu harus diimbangi dengan kartu grafis yang dimilikinya. ASUS ROG G703GX memiliki dapur pacu NVIDIA GeForce RTX 2080 dengan memory 8GB GDDR6. Chip grafis (GPU) yang menggunakan arsitektur Turing tersebut hadir dengan CUDA Core serta RT Core. Untuk performa lebih detailnya, akan crew domain jelaskan dihalaman selanjutnya ya kalian. Oh ya, laptop gaming ini juga sudah dibekali dengan 3x 512GB SSD untuk versi yang crew domain review kali ini.

Untuk urusan kualitas suara, speaker yang ditanamkan pada laptop gaming ini sangat nyaring terdengar, bahkan jika di set volume hanya 50 persen. Meski nyaring terdengar, bass dan detail yang ditawarkan kurang menendang. Ya, khas suara speaker standard laptop gaming. Udah gitu, suara yang dikeluarkan juga sedikit terganggu dengan kipas yang cenderung bising.

Performa luar biasa!

Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dari suatu laptop gaming tentu saja pertama-tama adalah melakukan benchmark sintentis sebagai sebuah “gambaran” sejauh mana kemampuan laptop gaming tersebut. Pada pengujian benchmark sintetis crew domain menggunakan empat software seperti 3DMark Firestrike, Cinebench R15, dan juga PC Mark 10. Berikut hasilnya:

Melalui hasil benchmark sintetis diatas, pastinya kamu sudah bisa dong menduga-duga bahwa ASUS ROG G703GX memiliki kemampuan yang tinggi.

Dengan dapur pacu gahar yang sudah crew domain jelaskan pada halaman sebelumnya, tentu saja tidak ada keraguan kepada laptop gaming ini dalam memainkan game-game terkini. Namun yang menjadi pertanyaan, sejauh mana performa yang ditawarkannya? crew domain coba untuk memainkan game-game AAA dan juga esports untuk pengujian kali ini.

Untuk meminkan game-game kompetitif seperti DOTA 2 ataupun PUBG sepertinya sudah sangat memuaskan. Pasalnya, framerate yang didapatkan berhasil menyentuh angka di atas 100 FPS dengan settingan grafis maksimal. Hal tersebut tentunya membuat layar 144Hz yang dimilikinya memang berguna untuk aktivitas gaming sehari-sehari dan menambah keasikan pengalaman bermain game kompetitif.

Dicoba untuk memainkan game-game AAA seperti Final Fantasy XV, ASUS ROG G703GX masih memiliki performa yang moncer dengan rata-rata framerate di atas 90 FPS dan 140an FPS untuk game yang sangat optimize seperti Devil May Cry 5. Performa RTX 2080 memang luar biasa, crew domain coba memainkan Battlefield V dengan settingan maksimal dengan RTX menyala, laptop gaming ini hanya mengalami penurunan framerate kurang dari 10 FPS dan berhasil menyentuh 82 FPS. Sebuah performa yang sangat buas.

Kesimpulan

Performa luar biasa yang ditawarkan harus sedikit mengorbankan ukuran bodi yang terbilang bongsor dan berkurangnya mobilitas tentunya. Disamping memiliki performa pendingin yang luar biasa untuk mengademkan dapur pacu ketika dipakai bermain game, sayangnya suara kipas yang keluar cenderung bising.

Sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana kemampuan ASUS ROG G703GX. Baik dari segi desain, build quality, fitur, dapur pacu, hingga performa yang ditawarkan bisa dibilang sangat sempurna untuk memanjakan hasrat para gamer dalam menjalankan aktivitas gaming sehari-seharinya ataupun melakukan berbagai hal lainnya hanya dengan sebuah laptop gaming.

Layar G-Sync 144Hz dengan color gamut 100 persen, Intel Core i9-8950HK, NVIDIA GeForce RTX 2080 8GB GDDR6, dukungan RAM hingga 64GB, kapasitas SSD hingga 1.5TB, nikmat mana lagi yang engkau dustakan? Berminat untuk meminang laptop monster dari ASUS ini?ASUS ROG G703GX dibanderol dengan harga IDR 80.999.000 untuk versi yang crew domain review kali ini.