Legend Of Zelda Ocarina Of Time 3D | Game RPG 3DS

legend of zelda ocarina of time 3D

Dirilis pertama kali lebih dari 15 tahun lalu untuk N64, The Legend Of Zelda Ocarina Of time Menjadi salah satu seri Legend Of Zelda yang paling populer di antara gamer Nintendo. Pada tahun 2011 lalu, seiring dengan dirilisnya Nintendo 3DS, The Legend Of Zelda Ocarina Of Time dirilis ulang oleh Nintendo. Tentunya dengan memaksimalkan semua fitur yang ada di konsol tersebut. Apa yang sebenarnya menjadi daya tarik dari game ini?

Grafis

Tidak dapat disangkal, perbedaan kekuatan hardware Nintendo 3DS dan N64 menjadi faktor krusial yang menjadi pembeda grafis masing-masing versi. Dari sektor manapun, detil grafis yang ditawarkan versi 3DS jauh mengungguli versi N64 di berbagai Aspek. Kamu akan menemukan resolusi yang lebih besar, animasi yang lebih halus dan model karakter yang lebih menarik di versi 3DSnya. Belum lagi fitur 3D yang ditawarkan 3DS menjadi poin plus tersendiri.

Gameplay

The Legend Of Zelda : Ocarina Of Time menceritakan tentang Link (kamu bisa mengganti namanya di dalam game) yang dipercaya oleh Sacred Tree untuk menyelamatkan dunia. Di hutan tempat Link tinggal, semua orang memiliki peri pendamping. Sacred Tree pun mengirimkan Link peri untuk membantunya menjalankan misi tersebut. Link diminta untuk mencari berbagai macam benda legenda yang dianggap dapat menyelematkan dunia dari kehancuran. Misi ini nantinya akan berubah menjadi misi untuk menyelamatkan Putri Zelda.

Fokus gameplay dari Ocarina Of Time yaitu penjelajahan. Kamu harus menyisir setiap sudut dari Kerajaan Hyrule untuk menemukan rahasia – rahasia atau hanya sekedar melanjutkan progress permainan. Seperti game Zelda lainnya klu yang diberikan hanya sedikit sehingga kamu harus mengeksplorasi sendiri untuk menyelesaikan klu – klu tersebut. Tak jarang saya kesulitan menemukan tempat yang selanjutnya harus saya tuju karena keterbatasan klu yang diberikan. Jadi, jangan lupa mengecek setiap tempat yang sudah kamu tuju ketika kamu mengalami stuck dan lihat sekeliling dengan teliti.

Seperti game Zelda lainnya, di dalam dungeon akan terdapat puzzle – puzzle yang harus kamu selesaikan agar kamu bisa melanjutkan perjalanan. Beberapa puzzle menurut saya terlalu rumit. Apalagi seperti yang saya sebutkan tadi, sedikitnya klu yang ada dapat membuat kamu menghabiskan waktu berputar – putar di dalam dungeon. Ketekunan sangat diperlukan untuk menyelesaikan game ini.

Satu poin plus yang saya suka dari game ini, banyak sekali rahasia – rahasia tak terduga yang tiba – tiba muncul. Saat saya sedang mampet, tiba – tiba saat berinterkasi dengan AI ataupun objek yang ada terdapat jalan menuju ruang rahasia yang terbuka yang di dalamnya terdapat berbagai macam item. Jadi, jangan ragu untuk mendatangi kembali tempat-tempat yang sudah kamu jelajahi dan lihat disekeliling. Tak jarang item tersebut baru muncul saat kamu berinteraksi dengan equip yang baru saja kamu dapatkan. Padahal tempat tersebut sudah kamu kunjungi di awal permainan dan kamu anggap hanya tempat biasa.

Sound

Serial Legend Of Zelda dikenal mempunyai reputasi yang bagus untuk hal yang satu ini. Begitu juga dengan seri ini, kamu akan disuguhkan berbagai macam alunan musik yang akan membuat kamu berdecak kagum. Back soundnya sangat enak dan nyaman didengar sehingga saya merasa akan sangat rugi jika bermain tanpa menggunakan suara. Yang membuat saya kagum lagi yaitu setiap tempat mempunyai effect suara yang berbeda. Misalnya, Jika kamu sedang berada di desa maka suara kokokan ayam dan suara gergaji akan terdengar. Lain halnya jika kamu sedang berada di ranch, maka suara angin akan mendominasi effect suaranya. Belum lagi efek suara ikonik saat Link menemukan item – item tertentu yang menurut saya sangat unik dan pastinya akan membekas lama di benak kamu.

Kesimpulan

The Legend Of Zelda : Ocarina Of Time merupakan salah satu Maha Karya dari Nintendo. Tidak salah jika mereka merilis ulang game ini di Nintendo 3DS. Gameplay yang mencapai puluhan jam serta beberapa rahasia – rahasia tersembunyi yang terdapat di dalamnya membuat game ini mempunyai Replay Value yang sangat kuat. Jika kamu merupakan gamer yang senang menjelajah , maka game ini pantas kamu coba.