Grand Theft Auto (GTA) Chinatown Wars | Rockstar Game

gta chinatown wars

Serial Grand Theft Auto (GTA) sepertinya memang tidak ada matinya. Setiap kali Rockstar merilis game baru, tidak peduli konsol apapun, pasti game tersebut akan meledak. Memang GTA merupakan sebuah game andalan Rockstar yang paling utama. Sampai sekarang, tidak ada satupun studio game yang telah mencoba mengadopsi tipe gameplay bersifat open world seperti GTA, mengalami tingkat kesuksesan tinggi.

GTA: Chinatown Wars merupakan sebuah game baru dari Rockstar yang dirilis secara eksklusif untuk Nintendo DS. Tapi bagi para gamer hardcore, pasti akan pernah timbul perasaan kalau game ini sama sekali tidak cocok dirilis untuk konsol kasual seperti Nintendo DS. Banyak yang bisa menjadi pemacu pikiran tersebut. Di samping spesifikasi dari Nintendo DS yang dapat dikatakan paling lemah di antara semua konsol handheld generasi baru, Nintendo DS juga sudah terkenal sebagai konsol handheld untuk game-game yang lebih cenderung kasual. Tapi Rockstar mencoba untuk memecahkan perisai tersebut dengan mencoba merilis GTA: Chinatown Wars. Hasilnya? Cukup mengesankan. Mereka sama sekali tidak pesimis dengan hasil akhirnya.

Kisah dalam GTA: Chinatown Wars kali ini akan dibintangi oleh seorang pria bernama Huang Lee yang sedang dalam perjalanan ke Liberty City untuk mengantarkan sebuah pedang simbolis kepada pamannya, Uncle Kenny. Ayah dari Huang Lee yang adalah seorang pemimpin triad, secara misterius dibunuh dan pedang tersebut harus diwariskan dari ayahnya kepada pamannya. Sial untuk Huang karena pada saat ia tiba, ia langsung disergap dan pedangnya dicuri kemudian dibiarkan telantar dalam keadaan sekarat di pelabuhan. Disitulah pemain akan memulai karir di dunia kriminal Liberty City pada Nintendo DS. Kami tidak akan memberikan spoiler apapun kepada gamer. Akan kami biarkan gamer sendiri yang melihat sendiri kejutan-kejutan yang ada.

Yang akan kami jelaskan disini adalah gameplaynya sendiri. Pihak Rockstar kembali menggunakan sudut pandang klasik seperti seri Grand Theft Auto dan Grand Theft Auto 2. Mungkin lebih tepat kami katakan gambarnya sebagai sama tapi tidak sama. Alasan kami mengatakan itu adalah karena seluruh desain kota seperti bangunan, kendaraan, halangan-halangan semuanya berbentuk 3D. Kamu akan menemukan mobil yang bisa berputar saat melewati rintangan dengan sebelah roda atau tiang lampu yang roboh ke jalanan. Dapat kami katakan bahwa gameplay dalam game ini benar-benar seperti halnya seri GTA sekarang ini.

Seperti yang kita ketahui, Liberty City selalu cenderung berubah setiap kali Rockstar menciptakan game yang baru. Tapi untuk Chinatown Wars, tim pengembang dari game ini menyesuaikan versi kota tersebut sesuai dengan kota besar dalam Grand Theft Auto. Kamu akan menemukan semua jalan pintas, jalan belakang dan masih banyak lagi jalan lain yang dapat kamu temukan. Uniknya lagi, kali ini seluruh kota sudah terbuka dan dapat kamu jelajahi dari awal. Seperti biasa, kebebasan pemain untuk menjelajahi kota dalam GTA dengan seenak hati merupakan poin yang membuat game ini menjadi adiktif. Apabila kamu menemukan sebuah kendaraan, kamu hanya perlu merampasnya dan mengendarainya. Tentu saja kadang kamu akan dikejar oleh pihak berwenang yang melihat kejadian tersebut, tapi secara harafiah, seluruh kendaraan dalam Grand Theft Auto adalah milikmu. Ada banyak sekali jenis kendaraan yang tersedia di kota. Ada yang lalu lalang di jalanan dan ada juga yang terparkir begitu saja di kota. Jangan menganggap bahwa berhubung ini adalah Nintendo DS, maka seluruh kendaraan dalam Nintendo DS akan memiliki cara penanganan dan kontrol yang sama. Model yang diberikan berbeda dan kontrol juga akan berbeda. Mobil van akan terasa berat, sedangkan sepeda akan terasa ringan. Mungkin kamu akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengetahui kendaraan mana yang paling cocok untukmu.

Tentu saja kamu dapat berjalan begitu saja di jalanan tanpa menggunakan kendaraan dan dalam Chinatown Wars, kamu akan menjalankan beraneka ragam misi yang lebih membutuhkan senjata daripada bensin. Senjata dalam Chinatown Wars juga cukup beraneka ragam. Mungkin bisa disetarakan dengan Grand Theft Auto 4. Pistol, senjata mesin dan flamethrower sudah tersedia dari awal di pedagang senjata Ammunation. Kamu akan menggunakan sistem lock-on untuk membidik musuh (atau warga biasa) dan menghabiskannya dengan mudah. Mungkin disini terdengar mudah, tapi sejujurnya, kamu perlu menguasai kontrol pada Nintendo DS sebelum kamu terbiasa. Tetapi setelah kamu terbiasa dengan sistem lock-on tersebut, barulah mungkin kamu akan dapat menyelesaikan misi dengan mudah.

Kalau dalam Grand Theft Auto IV kamu menggunakan telepon genggam sebagai media komunikasi, maka kali ini kamu akan mendapatkan PDA sebagai media komunikasimu. Semua yang kamu lakukan akan melibatkan fitur touch-screen personal data assistant seperti GPS waypoint selection, pemilihan senjata dan pemeriksaan email. Sistem yang diberikan didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan kamu untuk berinteraksi. Contoh, bila kamu mendapatkan kiriman email dari seseorang, kamu hanya perlu menyentuh sebuah link di bagian bawah layar touch-screen DS untuk menemukan lokasi mereka di GPS dengan mudah.

Sistem yang diberikan oleh Rockstar benar-benar sangat efektif. Terutama pada tambahan baru game ini yaitu elemen perdagangan obat bius. Hampir seluruh keadaan ekonomi di Chinatown Wars berkisar pada membeli dan menjual obat bius di seluruh kota. Kamu membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga tinggi. Selama perjalanan hidupmu di Liberty City, kamu akan berteman dengan para pedagang obat tersebut dan mereka akan sering memberikan tips mengenai pedagang yang sedang membutuhkan. Transaksi tersebut didesain sedemikian rupa sehingga tidak terlihat hanya seperti sebuah mini game saja. Sebagai selingan, kadang kamu akan disergap oleh pedagang obat bius lain. Tapi untungnya, kamu bisa menyimpan kelebihan barangmu di tempat persembunyian.

Ada lagi kejutan lain yang juga akan kamu temukan. Beberapa kendaraan tidak mudah untuk dibajak dan kadang akan membutuhkan kerja ekstra untuk bisa mendapatkan mobil tersebut. Lalu saat kamu mengendarai kendaraan dan melewati begitu saja gerbang tol tanpa membayar, kamu akan mendapatkan tingkat wanted level yang mungkin tidak kamu kehendaki. Gembok pada gerbang perlu dipotong, bom perlu diletakan dengan benar. Semuanya itu akan kamu atur menggunakan layar touch screen. Mungkin kamu akan berasa bahwa semuanya ini tidak perlu. Tapi seiring permainan, kamu pasti akan merasa bahwa stylus-mu adalah sebuah alat dunia kriminal.

Seperti biasa, ada kelebihan pasti juga ada kekurangan. Tapi kekurangan di sini bukanlah kekurangan yang sangat parah. Yang kami maksud adalah kekurangan pada saat kamu melemparkan granat dan projektil lainnya. Apabila kamu mau melempar bom, kamu perlu mengetukan stylus tersebut ke sebuah icon dan kemudian menggesernya di seputar radius 360 derajat tersebut untuk melemparkannya. Agak merepotkan. Kami juga sedikit merasa kehilangan semua cutscene penuh animasi yang sudah biasa disajikan dalam konsol dan PSP. Kami sebenarnya lebih memilih cutscene tersebut dibandingkan hanya percakapan visual yang terkesan seperti komik dalam Chinatown Wars. Sangatlah sulit untuk membaca kelakuan dari seluruh karakter yang ada dalam game dan semua omongan bersifat sarkastik akan sulit untuk dibaca hanya dengan mengandalkan teks yang disediakan. Begitupula dengan BGM yang diberikan. Walaupun bisa dikatakan cukup, tapi kami merasa BGM ini kurang menggigit.

Tapi kami sangat mengerti batasan yang dimiliki oleh Nintendo DS. Walau game ini tidak sekeren game GTA di konsol next gen seperti PlayStation 3, Xbox 360 atau bahkan PSP tapi gambar pada Chinatown Wars cukup bagus. Dengan kecepatan sekitar 30 frame per detik, kamu hanya akan mengalami masalah kelambatan saat seluruh layar DS-mu dipenuhi oleh polisi saat tingkat wanted-mu sudah di tingkat ke 3 ataupun 4.

Sebelum kami lupa, salah satu tambahan yang paling keren dalam Chinatown Wars ini adalah sistem wanted. Daripada mencoba kabur untuk menghindari polisi, sekarang kamu justru diharuskan untuk menyerang polisi secara agresif menggunakan kemampuan mengendaraimu. Benar-benar sebuah elemen baru yang menghembuskan angin baru dalam tingkat penyerangan dan juga ketegangan.

Secara keseluruhan, game ini memakan waktu sekitar 15 jam untuk diselesaikan, tergantung pada seberapa banyak kamu berhenti dari jalan cerita utama untuk mengurusi urusan sampingan di Liberty City. Tapi, walau jalan cerita utama sudah habis, kamu masih memiliki banyak hal yang dapat kamu lakukan di kota seperti balapan, transaksi narkoba, misi sampingan, Rampage mini-games dan juga tugas untuk menghancurkan kamera tersembunyi di kota. Semua hal yang kamu lakukan di Liberty City akan dilacak dan kamu bahkan bisa meng-upload status tersebut ke Rockstar’s Social Club dan bahkan membandingkan score yang kamu dapatkan dengan temanmu. Misi baru juga akan terbuka dengan menggunakan fungsi online di Chinatown Wars. Tentu saja kamu juga akan menemukan fitur multiplayer apabila kamu bisa menyambungkan koneksi secara lokal dengan teman-temanmu, jadi kamu akan mendapatkan banyak sekali gameplay menarik yang dapat kamu mainkan di Grand Theft Auto: Chinatown Wars.

Untuk fitur multiplayer, kamu bisa bermain bersama dengan temanmu dalam pilihan permainan kompetitif. Sebanyak 4 orang bisa langsung memainkan mode seperti “capture the flag” dimana kamu akan balapan demi sebuah Van yang tersembunyi di kota kemudian membawa Van tersebut kembali ke tempat persembunyianmu. Ada juga mode kerja sama seperti “Defend the Base” yang dapat kamu mainkan bersama.

Komentar terakhir kami mengenai game ini, game ini secara keseluruhan sangat memuaskan. Walau banyak elemen yang tidak bisa disertakan karena terbatasnya kemampuan sebuah Nintendo DS, tapi banyak juga elemen baru yang disertakan di dalamnya. Kami sangat menikmati game ini dan juga sangat merekomendasikannya untuk semua penggemar Grand Theft Auto.