God Of War 3 Remastered – Battle With The Gods

god of war 3 remastered

Bagi sebagian orang, seri God of War merupakan sebuah game yang sangat luar biasa. Mengusung tema yang brutal, dewasa, dan dilengkapi visual memukau serta desain game yang bekerja dengan baik. God of War bisa dibilang salah satu game eksklusif PlayStation yang wajib dimainkan pengguna perangkat tersebut.

Hal ini masih terus dibawa hingga seri ketiganya yang rilis di PS3 pada tahun 2010 silam dan memberikan kesan mendalam bagi para penggemarnya yang menantikan akhir dari kisah Kratos yang ingin membalas dendam kepada dewa-dewa di Olympus.

God of War III memang game yang sangat memukau hingga akhirnya versi remaster dari God of War III muncul juga di PS4. Namun, apakah versi remaster ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan melihat kualitas visual serta gameplay dari God of War III di PS3 sudah sangat memuaskan?

Jika kamu juga berharap bahwa ada sesuatu yang diperbaharui, maka mungkin kamu malah akan kecewa dengan God of War III Remastered karena kalaupun ada, hal tersebut tidak terlalu signifikan.

Kembali Lagi ke Dunia yang Penuh Kekacauan

Untuk memahami segala sesuatu yang terjadi dalam cerita God of War III Remastered, kamu memang dianjurkan untuk bermain dua seri sebelumnya (ditambah dua seri spin-off di PSP serta God of War: Ascension di PS3 kalau kamu punya banyak waktu). Sebagai Kratos, manusia yang dipilih menjadi pejuang dewa, kemudian menjadi dewa, kemudian berubah kembali menjadi seorang manusia, hidupnya dipenuhi dengan berbagai hal pahit yang pasti membuat siapapun gila.

Saya sendiri tidak akan panjang lebar membahas apa yang terjadi dalam riwayat hidup Kratos karena hal tersebut sebaiknya kamu lihat sendiri di seri God of War sebelumnya, tapi bisa dibilang bahwa apa yang terjadi dalam hidupnya adalah yang melandasi pembalasan dendamnya pada dewa-dewi Olympus. Khusus pemain God of War III di PS3, kamu akan menemukan cerita yang sama, jadi jangan berharap ada lanjutan dari kesimpulan cerita dalam seri God of War.

Aksi Brutal

God of War III Remastered adalah sebuah game action-hack ‘n’ slash yang diwarnai sejumlah quick time event (QTE) di setiap aksinya. Kalau saya mau malas, kira-kira kalimat tadi sudah menjelaskan keseluruhan gameplay dalam game ini.

Seperti seri-seri God of War sebelumnya, Kratos akan memiliki sejumlah gerakan yang bisa dibilang cukup “chaotic.” Serangan yang dihasilkan Kratos dengan Blades of Exile miliknya selalu memiliki jangkauan yang jauh, terlihat mematikan, serta menghasilkan hentakan bertubi-tubi yang membuatmu serasa menjadi manusia terkuat di jagat. Meskipun musuh berusaha mengeroyokmu dengan jumlah yang sama sekali tidak seimbang, kombinasi serangan yang bisa dilakukan Kratos bisa dengan mudah menghabisi banyak musuh secara sekaligus.

Belum lagi, kamu juga memiliki kemampuan untuk melakukan grab dan kemudian melakukan jurus eksekusi seperti merobek musuh menjadi dua bagian yang pastinya memuaskan dahaga kamu terhadap kekerasan. Gunakan dengan seefisien mungkin dan kamu akan bisa memenangkan berbagai pertarungan dengan cepat.

Senjata yang bisa digunakan Kratos tentu tidak terbatas pada Blades of Exile saja. Serangan sihir bisa kembali kamu gunakan dalam God of War III Remastered dan sangat membantu kamu bila musuh yang kamu hadapi terasa terlalu kuat. Panah juga kini bisa kamu gunakan dan memiliki jumlah amunisi yang tidak terbatas.

Selain itu, ada pula beberapa perlengkapan milik musuh lainnya yang nantinya akan kamu dapatkan setelah kamu berhasil mengalahkan mereka. Oh iya, setiap senjata juga bisa diperkuat dengan melakukan upgrade sehingga kamu bisa mengakses lebih banyak serangan kombinasi.

Bagian pertarungan di God of War III Remastered sama sekali tidak berbeda dibanding God of War III asli. Pertarungan terasa layaknya game hack ‘n’ slash dengan fokus di bagian kombinasi serangan dan grab attack. Yang menjadi primadona dalam game ini sebenarnya adalah aksi QTE yang akan selalu kamu temukan saat berhadapan dengan musuh, terutama bos.

Untuk mengakhiri bos, kamu akan sering sekali melihat QTE bertebaran di mana-mana. Mungkin terdengar repetitif, tapi kenyataannya berbeda sekali.

QTE Fest

Setiap QTE menghasilkan animasi serangan yang brutal dan berbeda-beda untuk setiap jenis musuh yang kamu kalahkan dan saya rasa akan membuatmu ketagihan (selama kamu tidak masalah dengan darah dan potongan tubuh yang bertebaran di mana-mana). QTE juga akan mewarnai aksi epikmu dalam menghadapi bos yang rata-rata ukurannya sangat besar. Sensasi mengalahkan musuh yang rasanya mustahil untuk dikalahkan adalah pemicu terbesar kamu untuk tetap bermain God of War III Remastered.

Di luar pertarungan, God of War III Remastered juga menghadirkan sejumlah puzzle tematik yang menarik dan menggugah untuk dimainkan. Meski puzzle yang ada terkadang terasa membingungkan, namun perlahan kamu akan mengerti apa yang harus dilakukan. Saya rasa ini berkat desain level yang bekerja dengan sangat baik dan sistematis. Puzzle semacam ini terbukti “menyegarkan” kepalamu dari aksi-aksi brutal yang dari tadi kamu lakukan.

Visual yang Terlihat Sama Saja

Secara gameplay, God of War III Remastered terbukti membawakan pengalaman yang sama seperti judul aslinya, namun di segi grafis, hal tersebut sayangnya juga kurang lebih sama. God of War III Remastered membawakan tampilan visual yang sama detailnya dengan versi PS3, resolusi 1080p, serta kecepatan 60 fps, namun hanya sebatas itu saja.

Jikalau memang ditingkatkan, kualitas tekstur dan pencahayaan tetap terasa tidak berubah drastis. Model yang ditampilkan juga tidak terlihat jauh lebih baik. Begitu juga dengan lingkungan yang ada meskipun memang dunia dalam God of War III sudah lebih dulu terlihat memukau. Kalau masalah musik, rasanya tidak perlu komentar banyak karena musik dalam game ini menggambarkan perasaan epik dengan sangat baik.

Tambahan yang akan kamu dapatkan ketika memainkan game ini hanyalah sebuah Photo Mode. Tambahan yang menyenangkan, namun tidak bisa memberikan pengalaman mengambil gambar seperti The Last of Us Remastered dikarenakan posisi kamera yang tidak bisa digerakkan secara leluasa.

Saya tidak habis pikir, ditujukan untuk siapa God of War III Remaster sebenarnya? Memang, tidak semua orang pernah memainkan God of War III, tapi jika versi remaster ini ditujukan untuk pengguna setia PlayStation, rasanya tidak ada keuntungan yang didapat bagi para pemain lama.

Kesimpulan

Kesimpulannya cukup sederhana untuk game yang satu ini. Jika kamu belum pernah merasakan God of War III karena melewatkan game generasi PS3, tidak memainkan console PlayStation, atau karena belum sempat mencoba God of War III, maka God of War III Remastered adalah sebuah kesempatan yang tepat.

Tapi bagi pemain lama,God of War III jelas adalah game yang luar biasa, namun mungkin sebaiknya kamu pikir-pikir dahulu sebelum menghabiskan uangmu untuk memainkan kembali game yang sama untuk kedua kalinya meskipun harganya memang terhitung di bawah game PS4 rata-rata.