Fire Emblem: Awakening – Review RPG Tactical 3DS

fire emblem awakening

Fire Emblem: Awakening adalah tactical role-playing game yang dikembangkan oleh Intelligent Systems dan diterbitkan oleh Nintendo, ekslusif untuk Nintendo 3DS pada tanggal 19 April 2012 di Jepang, kemudian disusul dengan penerbitan di Amerika Utara pada tanggal tanggal 4 Februari 2013. Game ini adalah judul ketiga belas dari serial Fire Emblem dan judul pertama yang dikembangkan oleh Nintendo untuk 3DS yang memanfaatkan layanan downloadable content (DLC) berbayar.

Bagi kamu yang ingin mencoba game ini, silahkan unduh dan coba mainkan demo-nya terlebih dahulu karena versi demo-nya sudah tersedia di Nintendo eShop. Agar kamu mendapat bayangan tentang game ini, yuk lihat Trailer-nya dulu.

Dikarenakan game ini ber-genre tactical role-playing, dimana gamers harus menggerakkan karakter yang dimainkan dalam garis tertentu. Pada game ini, gamers harus mengendalikan karakter kedalam posisi tertentu untuk menyerang musuh atau bertahan dari serangan yang diberikan. Karakter memiliki sejumlah health point (HP), ketika karakter menerima serangan musuh maka HP yang dimiliki karakter akan berkurang, lalu saat HP karakter habis maka karakter itu akan mati atau kalah. Pertarungan pada game ini bisa dimenangkan dengan cara menyerang semua musuh hingga semua HP yang dimiliki musuh habis.

Pada judul terbaru dari serial Fire Emblem ini, ada fitur baru yaitu avatar system yang memungkinkan gamers untuk membuat dan mengkreasikan karakter yang dimainkan dengan detail ang lebih baik daripada judul sebelumnya. Di antara pertarungan pada game ini, gamers bisa menggerakkan karakter di atas sebuah peta untuk berbicara dengan non playable character (NPC) atau membeli item yang berfungsi saat melakukan pertempuran di dalam game.

Terdapat sistem kelas pada game ini, dimana kelas yang berbeda memiliki skill, kekuatan serta kelemahan. Selain itu, gamers memiliki kemampuan untuk berganti kelas karakter, seperti yang terdapat pada judul sebelumnya Fire Emblem: Shadow Dragon. Setelah mencapai level tertentu, karakter bisa diumah menjadi kelas baru dan gamers bisa memilih kelas berdasarkan cabang yang bisa dipilih. Ada sekitar 40 kelas yang bisa dipilih pada game ini. Karkater bisa memiliki lima skill di saat yang sama, dengan skill tambahan yang bisa didapatkan dari skill bank. Game ini juga menyediakan fitur baru yang memungkinkan karakter untuk melakukan serangan bersama, dengan karkater pendukung.

Saat bertarung bersama, karakter memiliki kemampuan untuk mengembangkan ikatan emosi ke karakter lainnya. Beberapa karakter bahkan bisa berpasangan dan memiliki keturunan. Pada saat memulai permainan, gamers bisa membuat karakter dan memilih jenis kelamin dari karakter yag dibuat sehingga karkater itu bisa berpasangan dan menikah dengan karakter dengan jenis kelamin yang berlawanan (tidak bisa berpasangan atau menikah sesama jenis). Keturunan dari sepasang karakter bisa digunakan dalam pertarungan juga.

Gamers bisa memilih beberapa tingkat kesulitan seperti normal, hard dan lunatic. Berbeda dengan tinggak kesulitan yang tersedia, gamers bisa memilih salah satu dari dua mode pada game ini yaitu casual dan classic. Perbedaan dari kedua mode itu adalah ketika gamers bermain dalam classic mode, karakter yang mati tidak bisa dihidupkan kembali setelah pertarungan selesai. Namun, pada casual mode, karakter yang mati akan bangkit kembali setelah pertarungan berakhir.

Permainan dimulai dengan adegan dimana karakter mengalami amnesia, kemudian ada petualang yang menemukannya di suatu padang rumput. Mereka adalah Chrom, Lissa dan Frederick. Setelah itu, mereka akan melihat sebuah kota yang sedang diserang oleh gerombolan perusuh. Karena khawatir dengan keadaan kota dan karakter yang lupa ingatan tersebut, akhirnya mereka mengajak karakter untuk berpetualang bersama.

Gamers akan masuk ke dalam pertarungan sengit, namun, gamers harus menghindarkan karkater agar tidak diserang oleh musuh karena keadaan karakter saat itu adalah sangat lemah. Sehingga dalam satu kali pukulan musuh pun, karakter gamers bisa dikalahkan. Jika karakter mati, maka permainan akan berakhir. Oleh karena itu, pada awal permainan, jangan gunakan karakter untuk menyerang musuh.

Untuk memenangkan pertarungan pada awal permainan ini, gunakanlah karakter Chrom dan Frederick sebagai penyerang, sedangkan Lissa sebagai penyembuh. Pada saat bertarung, damage terbesar akan dihasilkan oleh Frederick sehingga gunakanlah karakter itu untuk menyerang musuh yang kuat. Kemudian untuk karkater gamers, diam saja dan jangan mendekat ke musuh sama sekali agar permainan tidak ‘game over’.

Pada pertempuran awal ini, crew domain bisa menang dengan sangat mudah. Setelah itu, karakter gamers akan diajak menuju ke ibukota. Namun, perjalanan menuju ibukota cukup jauh dan hari pun semakin gelap, oleh karena itu rombongan memutuskan untuk bermalam di tengah hutan dengan membuat api unggun. Ketika sedang asik tidur, Chrom dan Lissa terbangun dan memutuskan untuk berkeliling di hutan itu. Namun, pemandangan hutan berubah jadi menakutkan, tanah terbelah dan percikan lahar muncul dari dalam perut bumi. Bagaimana nasih mereka? Silahkan ketahui sendiri dengan memainkan game-nya di Nintendo 3DS.