Donkey Kong Tropical Freeze | RPG Game Nintendo

donkey kong tropical freeze

Masih ingat dengan Donkey Kong? Salah satu franchise ikonik yang mempopulerkan genre platformer ini memang sangat populer di kalangan fans setia Nintendo. Tidak hanya dari mekanisme gameplay seru dan adiktif saja yang menjadi kelebihan utama franchise ini, tapi daya tarik yang kuat dari sang karakter Donkey Kong juga menjadikannya sebagai salah satu maskot video game paling ikonik. Walaupun tidak ada rencana untuk mengembangkan seri terbarunya, developer Retro Studios sudah menyiapkan seri original Donkey Kong Country: Tropical Freeze untuk Nintendo Switch yang akhirnya telah resmi dirilis beberapa waktu lalu.

Pertama kali dirilis untuk platform Nintendo Wii U pada tahun 2014 lalu, Tropical Freeze adalah seri kelanjutan Donkey Kong Country Returns yang menawarkan perombakan kualitas grafis, mekanisme gameplay platformer yang lebih cerdik, dan tambahan karakter baru seperti Cranky Kong. Karena angka penjualan dan minat pasar yang terlalu rendah untuk Wii U, keputusan untuk merilis game ini di Nintendo Switch bisa dibilang adalah keputusan paling tepat. Lebih dari sekedar untuk bernostalgia, game ini adalah takaran untuk melihat seberapa solid kualitas game Donkey Kong di era sekarang.

Karena penasaran, Kru Domain akhirnya mencoba gamenya secara langsung dan sejauh ini sudah hampir menyelesaikan kesuluruhan konten yang ditawarkan. Penasaran seperti apa impresinya? Yuk, langsung simak saja review lengkap yang sudah Kru Domain rangkum dibawah ini.

Tetap Mempertahankan Daya Tarik Donkey Kong Klasik

Tidak bisa diragukan lagi memang, jika Donkey Kong adalah franchise dengan sejarah paling berpengaruh dalam perkembangan industri video game. Tapi jika terus mengandalakan statusnya sebagai seri yang mengobati rasa haus akan “nostalgia,” maka eksistensi franchise ini bisa saja akan dilupakan. Untuk mencegah hal ini, developer Retro Studios kembali menghadirkan seri terbaru Donkey Kong dengan mekanisme unik sebagai game platformer modern.

Fitur yang ditawarkannya sendiri masih sangat sederhana dan kamu hanya bisa melihat perubahan keseluruhan dari mekanisme gameplaynya saja. Lebih dari sekedar perubahan biasa, konsep ini berhasil menghadirkan sebuah game yang solid. Disini kita tidak hanya berbicara soal peningkatan kualitas grafis signifikan dan kualitas animasi karakter yang dinamis, tapi tuntutan untuk terus bergerak mengikuti tempo permainan cepat sukses memberikan sebuah pengalaman bermain yang seru dan menantang.

Lalu apa hubungannya dengan franchise klasik Donkey Kong? Jawabannya sendiri adalah hampir semua aspek di dalamnya. Mulai dari sosok Donkey Kong dan keluarganya yang masih berpetualang menyusuri beberapa pulau, hingga gameplay platformer 2D yang lebih kompleks berhasil disempurnakan dengan sangat baik. Kamu bahkan tidak perlu memainkan seri terdahulunya untuk bisa mengenal franchise ini dengan baik, karena Donkey Kong Country: Tropical Freeze sudah cukup untuk memberikanmu gambaran yang paling sempurna.

Gameplay Platformer yang Sangat Seru dan Adiktif

Beralih ke point terpenting yang harus kamu pahami dari game ini adalah gameplaynya sendiri. Karena masih setia dengan genre 2D platformer, pihak developer tentunya harus menghadirkan konsep baru untuk menjaga nama baik franchise ini. Setelah Kru Domain mencoba game ini pertama kali di konsol Wii U, Tropical Freeze ternyata jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Desain level dan tantangan yang harus kamu lewati terlihat cukup mudah memang, tapi kontrol karakter dalam game ini terasa jauh lebih berat dari kebanyakan game platformer lain. Misalnya saja saat kamu menggunakan Dixie Kong yang berukuran lebih kecil, manuver karakter pasti akan terasa lebih ringan berkat kemampuan untuk menggunakan Jet Pack.

Tropical Freeze sendiri menawarkan 6 pulau untuk dijelajahi dengan berbagai level yang semakin menantang seiring progress permainan. Ada beberapa momen dimana kamu mungkin akan sangat kesulitan dan tidak bisa menyelesaikan level, tapi proses untuk beradaptasi dengan tantangan tersebut pastinya juga akan kamu rasakan. Karena tidak semua level dapat diselesaikan dengan mudah, kamu bisa menambahkan satu karakter lainnya untuk memberikan bantuan. Untuk pemula, Kru Domain sangat merekomendasikan kamu untuk menggunakan Funky Kong, karena karakter ini sudah dibekali dengan papan selanjar yang bisa digunakan seperti putaran helikopter untuk mengambang dan menjangkau area lebih tinggi.

Setiap level yang ditawarkannya memiliki ukuran lebih besar dan panjang dibanding kebanyakan game platformer di pasaran. Kamu bisa masuk ke dalam sebuah meriam barrel untuk menjangkau area yang lebih jauh dengan kecepatan penuh, sekaligus memberikan sensasi tempo permainan lebih cepat layaknya game Sonic. Jadi walaupun variasi levelnya secara kasat mata terlihat sederhana, tapi sebenarnya ada banyak sekali kejutan yang akan membuatmu betah berlama-lama memainkannya.

Jika kamu kesulitan saat coba menyelesaikan level atau saat menghadapi boss, untungnya game ini sudah menambahkan fitur shop yang menjual berbagai macam item penting. Seluruh item yang dijual mulai dari potion, ekstra balon, dan shield memiliki peran yang sangat membantumu. Hanya dengan menggunakan pisang sebagai mata uangnya, kamu bisa mendapatkan stok item yang melimpah dalam waktu singkat. Jika kamu merasa bosan saat memainkan game ini sendirian, mode multiplayer bisa jadi alternatif yang memberikan pengalaman bermain lebih seru dan terkoordinasi.

Live.Die.Repeat

Sama seperti quote dari film Edge of Tommorow (Live.Die.Repeat), tingkat kesulitan dalam Donkey Kong Country: Tropical Freeze sudah cukup untuk membuatmu frustasi karena harus terus mengulang dan belajar dari kesalahan. Pengalaman bermain yang penuh perjuangan ini bahkan bisa meninggalkan sebuah kesan bangga setelah kamu berhasil menamatkannya. Dari pengalaman pribadi Kru Domain sendiri, tantangan tersulit sebenarnya ada di desain pijakan yang mudah jatuh atau bergerak terlalu cepat. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, Tropical Freeze memiliki kontrol karakter yang lebih berat dan tidak mudah untuk segera dikuasai.

Tantangan tidak hanya ada di desain levelnya yang semakin rumit, karena setiap boss battle yang harus kamu selesaikan memiliki durasi dan fase berbeda. Jadi jika berhasil mengurangi HP boss dalam batasan tertentu, boss tersebut akan menggunakan kemampuan baru yang semakin sulit untuk diprediksi. Lengah sedikit saja, kamu pasti akan tersingkir dengan mudah. Untuk memberikan sensasi kemenangan yang lebih memorable, di akhir nantinya ada semacam sesi button-mashing yang memperlihatkan animasi kocak saat karaktermu berhasil menghajar boss tersebut. Hal inilah juga yang menjadi alasan kenapa 6 pulau dari game ini menawarkan durasi hingga 13 jam untuk diselesaikan, karena tingkat kesulitannya memang tidak main-main.

Kesimpulan

Pemasaran konsol Nintendo Wii U yang lemah sepertinya bukan lagi menjadi alasan kenapa Donkey Kong Country: Tropical Freeze tidak cukup populer pada waktu itu. Berkat rilisnya untuk Nintendo Switch, pada akhirnya para gamer bisa menilai kualitasnya yang fantastis. Dibandingkan kebanyakan game platformer lain di pasaran, tempo permainan dalam Tropical Freeze terasa lebih cepat dan dinamis. Tingkat kesulitannya memang bisa menjadi masalah bagi pemain pemula, tapi kekurangan itu berhasil ditutupi oleh fitur shop dan desain level sederhana yang mudah diingat.

Kamu bahkan juga bisa merasakan keseruan bermain bersama teman lewat mode multiplayer, walaupun konsepnya sendiri terasa rumit dan butuh koordinasi sempurna untuk benar-benar dinikmati. Sebagai seri yang berhasil menyempurnakan segala aspek yang dicintai gamer dari franchise ini, sepertinya tidak berlebihan jika menyebut Tropical Freeze sebagai seri Donkey Kong terbaik sejauh ini.