Crisis Core – Prequel Final Fantasy VII

crisis core

Mungkin era 90-an adalah masa kejayaan Squaresoft dan franchise JRPG Final Fantasy. Karena setelah seri keenamnya mendapatkan respon positif akan kualitasnya yang fenomenal, sejak saat itulah Final Fantasy mulai dikenal oleh banyak gamer di seluruh dunia. Berupaya untuk mengembangkan franchise ini ke tingkatan yang lebih tinggi lagi, Squaresoft akhirnya merilis Final Fantasy VII yang termasuk salah satu game generasi pertama dengan kualitas grafis 3D. Hasilnya? Game ini menjadi sangat populer dan diakui sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa, bahkan hingga saat ini.

Memanfaatkan popularitas seri ketujuhnya ini, Squaresoft kemudian mengembangkan beberapa proyek baru seperti film sekuel Final Fantasy VII: Advent Children dan game PSP Crisis Core: Final Fantasy VII yang merupakan prekuel langsung dari seri originalnya. Pada artikel inilah Kru KotGa akan menyelami salah satu seri Final Fantasy yang mulai dilupakan ini. Resmi dirilis pada tahun 2007 lalu, Crisis Core: Final Fantasy VII menawarkan persepktif jalan cerita berbeda, dimana Zack Fair kali ini berperan sebagai karakter utama.

Siapa sebenarnya Zack Fair? Dia adalah salah satu anggota SOLDIER yang dulunya menjadi teman dekat Cloud. Memiliki kepribadian baik dan tanggung jawab tinggi, Zack adalah teman yang berhasil membimbing Cloud menjadi karakter yang lebih kuat dan berpendirian. Selama jalannya cerita, kamu akan disuguhkan dengan banyak sekali momen emosional dan penuh kisah persahabatan yang mengharukan. Ada juga beberapa karakter original yang muncul seperti Yuffie, Caith Sith, Sephiroth, hingga Hojo yang membuat jalan ceritanya semakin menarik untuk diikuti.

Berbeda dari kebanyakan seri Final Fantasy yang menawarkan mekanisme turn-based battle, Crisis Core justru hadir dengan gameplay Action RPG. Ini mungkin adalah perubahan terbesar yang awalnya sempat diragukan fans, tapi selanjutnya pendekatan konsep baru ini justru tidak kalah seru. Salah satu perubahan lain selain segi gameplay adalah fitur, dimana Limit Break kali ini dirubah menjadi Digital Mind Wave yang beroperasi dengan memberikan variasi 15 serangan berbeda. Tidak hanya menawarkan jalan cerita yang cukup panjang, ada lebih dari 300 misi sampingan yang bisa kamu jalani untuk mendapatkan ekstra reward dan kebutuhan grinding.

Sebagai sebuah prekuel, Crisis Core: Final Fantasy VII adalah sebuah seri fenomenal yang sayangnya masih dilewatkan oleh banyak gamer dan bahkan fans setia sekalipun. Hadir dengan jalan cerita luar biasa dan emosional, gameplay action RPG yang seru dan adiktif, serta segudang konten yang memakan waktu hingga lebih dari 50 jam permainan. Jika kamu termasuk fans setia Final Fantasy atau hanya sekedar mencari JRPG baru untuk dimainkan, maka Kru KotGa sangat merekomendasikan kamu untuk mencoba mahakarya yang satu ini.