Assassin’s Creed IV | Review Game & Spesifikasi PC

assassin's creed IV black flag

Belum begitu lama Assassin’s Creed III diluncurkan, para gamers sudah dikejutkan kembali dengan hadirnya sekuel terbaru dari seri Assassin’s Creed, yaitu Assassin’s Creed IV: Black Flag. Rumor mengenai sekuel terbaru itu, telah digembor-gemborkan sejak awal tahun tepatnya pada bulan Februari 2013, sedangkan rilisnya Assassin’s Creed III dilakukan pada bulan Oktober 2013. Sehingga dapat disimpulkan, Ubisoft memang sudah mempersiapkan sekuel baru tersebut dan sudah sangat berniat untuk mengejutkan para gamers khususnya fans dari seri game Assassin’s Creed.

Assassin’s Creed IV: Black Flag memiliki setting waktu pada abad ke-18 dan memperkenalkan assassin baru bernama Edward Kenway, pemuda Inggris yang haus akan bahaya serta petualangan. Edward akan berpetualang sebagai prajurit Royal Navy sampai bajak laut, diantara keadaan perang kerajaan yang besar. Edward yang digambarkan sebagai bajak laut bengis dan petarung yang berpengalaman, terperangkap dalam pertempuran antara kaum assassins dan templars. Bajak laut terkenal seperti Blackbeard dan Charles Vane dapat para gamers lihat di dalam game ketika telah berpetualang ke seluruh wilayah Hindia Barat. Sehingga Assassin’s Creed IV: Black Flag ini akan membawa para gamers ke dalam masa-masa kejayaan para bajak laut yang sering disebut “Golden Age of Pirates”.

Assassin’s Creed IV: Black Flag akan menghadirkan 50 tempat berbeda di dalam game, seperti Kuba, Bahama, Nassau dan Florida Selatan, serta sejumlah area seperti hutan, kuil reruntuhan Suku Maya dan kuburan bangkai kapal di bawah laut. Gameplay sekuel terbaru dari seri game Assassin’s Creed itu tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, pemain masih akan bertarung dengan memanfaatkan berbagai senjata khas assassin dan menghabisi musuh secara sembunyi-sembunyi.

Bagi gamers yang ingin bermain Assassin’s Creed IV: Black Flag dengan menggunakan PC, dibawah ini adalah spesifikasi komputer yang direkomendasikan oleh Ubisoft :

Item Spesifikasi
Operating System Windows Vista SP 1, Windows 7 atau Windows 8 (32 dan 64 bit)
CPU Intel Core i5 2400 2.5 GHz atau AMD Phenom II X4 940 3.0 GHz atau lebih baik
Memory Minimal 2GB, Rekomendasi 4GB
Hard Drive Space 30 GB
Graphics Hardware Nvidia GeForce GTX 470 atau AMD Radeon HD 5850 (1024 MB VRAM dengan Shader Model 5.0 atau diatasnya)
Sound Hardware DirectX yang kompatibel dengan sound card terbaru
Network 256 kbps atau yang lebih cepat
Input Devices Keyboard atau joystick Xbox 360

Di dalam game Assassin’s Creed IV: Black Flag, para pemain tidak akan lagi bermain sebagai Desmond Miles di dunia nyata, karena cerita tentang Desmond telah selesai di Assassin’s Creed III. Kali ini, para pemain akan berperan sebagai salah seorang karyawan di Abstergo Entertainment yang melakukan analisa untuk mengetahui cerita dari karakter Edward Kenway yang merupakan ayah dari Haytham Kenway, kakek dari Ratonhnhake:ton dan ancestor Desmond Miles. Para gamers dapat mengetahui bagaimana cuplikan video yang menampilkan telah meninggalnya karakter Desmond Miles pada menu Subject 17 yang ada di dalam game Assassin’s Creed IV: Black Flag.

Seperti yang telah para gamers ketahui, berperan sebagai Edward Kenway kalian dituntut untuk ahli dalam menjadi seorang assassin sekaligus sebagai seorang kapten kapal. Terbiasa menggunakan kapal perang di Assassin’s Creed III tentu saja akan sangat membantu para gamers saat berpetualang di Assassin’s Creed IV: Black Flag, karena era bajak laut akan memaksa para gamers untuk bisa mengendalikan kapal dengan lihai sambil memperhatikan arah angin dan ombak, sekaligus menjatuhkan kapal musuh dengan meriam saat terjadi perang di lautan.

Grafis lingkungan di dalam game tentu saja terlihat sangat detail, apalagi Assassin’s Creed IV: Black Flag akan masuk juga ke konsol next-gen, jadi beberapa engine tambahan yang mendukung grafis sudah pasti ditambahkan oleh Ubisoft, seperti sea engine, weather system dan global illumination lightning. Gamers dapat melihat sendiri didalam game, bagaimana semuanya hadir dengan begitu detail, dari karakter NPC, penduduk, pedagang, tentara dan hewan-hewan semua terlihat sangat hidup. Bahkan, latar belakang lingkungan seperti lautan lepas, pantai, pepohonan, perumahan dan alam semua terlihat begitu nyata.

Dari segi kemampuan menjadi seorang assassin, berbagai jenis aksi stealth akan gamers temukan saat memainkan Edward Kenway dan melalui alur ceritanya, seperti Berzerk Dart, Blow Pipe, Hidden Blade, Sleep Dart, Smoke Bomb hingga Stalking Zone. Tentu saja kemampuan-kemampuan tersebut akan membantu gamers dalam menjalankan setiap misi di dalam game Assassin’s Creed IV: Black Flag.

Lebih banyak bermain di lautan lepas bersama kapalnya, Edward Kenway akan membawa para gamers menjadi seorang pelaut yang sangat ulung. Para gamers akan merasakan aksi-aksi baru di Assassin’s Creed IV: Black Flag, seperti aksi menombak ikan hiu, serta petualangan di bawah laut yang mempertemukan gamers dengan bahaya dari ikan hiu, belut laut, ubur-ubur, landak laut dan lain-lain. Dikarenakan berada di masa Golden Age of Pirates, maka para pemain tidak akan menemukan alat masker oksigen, namun nafas karakter pemain dapat diukur melalui tanda yang ada di layar, serta sumber oksigen dapat ditemukan melalui “kantong udara” dan “alat khusus barel udara” yang ada di area bawah laut.

Saat sedang menjalankan misi di Assassin’s Creed IV: Black Flag, kamu jangan kaget jika tiba-tiba suasana yang terang benderang menjadi gelap seketika. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perubahan waktu yang terjadi seperti layaknya dunia nyata sehingga menambah kesan nyata meskipun di dalam permainan. Selain menjalankan misi utama, di Assassin’s Creed IV: Black Flag, para gamers juga akan menemukan misi sampingan yang berguna untuk mencari uang di dalam game tersebut. Masih sama seperti sebelumnya, mencari uang tidak hanya dari misi, kalian bisa mencuri dan menemukan harta karun yang berlimpah yang tersembunyi di dalam game Assassin’s Creed IV: Black Flag.

Serunya setiap cerita di mode single player tentu saja tidak dapat dipungkiri lagi, namun Ubisoft menambahkan satu mode lagi untuk dapat para gamers mainkan menggunakan koneksi internet, yaitu mode multiplayer. Dalam mode multiplayer, para gamers akan merasakan menjadi seorang assassin yang dibagi menjadi dua tim sehingga dapat memilih karakter yang ingin digunakan, mulai dari Lady Black atau The Rebel. Selain itu, para pemain juga dapat mengubah gaya setiap karakter, senjata dan pergerakan dalam penyerangan.