League Of Legends | Game Moba PC

league of legends

League Of Legends (LOL) adalah game ber-genre MOBA yang dikembangkan oleh Riot Games dan dirilis oleh Garena Indonesia di Indonesia. League of Legends bercerita tentang pertempuran antar 2 kelompok pada suatu arena yang mena setiap kelompoknya terdiri dari satu hingga 5 karakter. Ada banyak karakter yang bisa gamers gunakan dalam pertempuran di LOL yang mana setiap karakter memiliki kelebihan dan keunikannya tersendiri.

Karakter Hero

Walaupun sangat banyak, namun karakter-karakter itu dibagi menjadi 3 tipe yaitu melee, range dan magic. Karakter melee memiliki pertahanan dan jumlah health point yang besar, kelemahannya ada di jarak serangan yang sangat terbatas. Karakter range memiliki kecepatan serangan tinggi dan jarak serangan yang cukup jauh, namun pertahanannya tidak begitu baik. Sedangkan karakter magic memiliki daya hancur besar dan berbagai macam efek skill, namun sayangnya pertahanan dan jumlah health point-nya sangat rendah. Tidak ada yang lebih baik dari setiap jenis karakter karena setiap karakter itu saling melengkapi satu sama lain.

League of Legends juga telah membedakan karakter dalam beberapa role yaitu Assassin, Fighter, Mage, Marksman, Support dan Tank yang diperlihatkan pada menu Champion (di kebanyakan game MOBA disebut hero) di fitur profile. Gamers juga bisa melihat detail dari setiap Champion dengan cara klik gambar Champion yang ditampilkan. Pada awal permainan, ada 10 karakter yang bisa gamers gunakan secara cuma-cuma, sedangkan karakter lainnya harus dibuka setelah melakukan pembelian.

Terdapat 117 karakter yang bisa gamers gunakan pada game ini yang mana sebagian besar bisa dibuka dengan melakukan pembelian, baik menggunakan Riot Points (didapatkan dari pembelian di store) atau Influence Points (bisa didapatkan dari menyelesaikan pertempuran). Selain kostum klasik, karakter juga memiliki beberapa kostum alternatif untuk membuat penampilan karkater lebih unik. Penampilan karakter di game ini tidak seperti game MOBA sejenis yang menyeramkan, namun sebagian karakter berpenampilan keren, fashionable dan lucu.

Fitur Gameplay League Of Legends

Tutorial

Bagi gamers yang baru saja mengenal game ini, ada tahap tutorial yang bisa diikuti. Tahap tersebut akan menjelaskan tentang seluk beluk permainan, mulai dari menggerakkan karakter, menggunakan skill, penjelasan mengenai lawan, menara pertahanan lawan (turret) hingga navigasi di mini-map. Setelah menyelesaikan tahap tutorial, sehiarusnya gamers sudah siap untuk melakukan pertempuran sesungguhnya, baik untuk melawan gamers lain atau melawa AI.

Pada awal permainan, sistem League of Legends akan menanyakan kemampuan gamers dalam memainkan game genre ini. Apakah gamers seorang pemula, pernah main, vetaran atau sangat mahir dalam memainkan game ber-genre RTS (real-time strategy). Bagi gamers yang masih pemula, ada baiknya memilih beginner terlebih dahulu, sehingga sistem juga akan mencarikan lawan yang sepadan bagi gamers untuk bermain. Tidak lucu jika pemula diadu dengan gamers sudah mahir. Untuk memahami sistem permainan LOL tidaklah sulit, namun untuk mengetahui trik agar bisa memaksimalkan kemampuan karakter itulah yang harus diasah dan memerlukan pengalaman bermain.

Mode Permainan

Pertempuran bisa segera dilangsungkan dengan klik tombol PLAY yang ada pada bagian atas tengah di user interface. Terdapat 3 jenis pertempuran yang bisa gamers pilih yaitu PVP, Co-op vs AI, dan Custom. Pertempuran PVP hanya bisa diakses setelah karakter mencapai minimal level 5 yang mana gamers bisa bergabung bersama dengan tim yang sudah ada atau membuat tim sendiri, untuk melawan tim lain yang dipilih secara acar sesuai dengan kemampuan yang gamers pilih di awal permainan.

Co-op vs AI adalah pertempuran melawan karakter yang dikendalikan oleh komputer. Gamers bisa memilih 2 tingkat kesulitan untuk AI yang dihadapi yaitu beginner atau intermediate. Walaupun melawan komputer, namun perlawanan yang diberikan juga cukup bagus, tidak terlalu lemah. Custom adalah fitur yang memungkinkan gamers untuk membuat room sendiri, mulai dari jumlah tim, tipe permainan, restriksi spectator, nama room dan password room.

Equipment

Tujuan dari setiap pertempuran adalah untuk menghancurkan bangunan yang ada di markas lawan. Selain bertempur bersama karakter yang dimainkan oleh gamers lain, akan ada karakter NPC yang disebut dnegan Minions yang akan membantu gamers dalam menghadapi lawan. Perlengkapan yang bisa digunakan oleh karakter juga sangat bervariasi antara lain equipment, potion dan beberapa lainnya. Sebagian equipment memiliki persyaratan tertentu untuk pembuatannya. Semakin sulit persyaratannya maka semakin kuat equipment yang akan terbentuk.

Membuat equipment kuat saja tidaklah cukup karena gamers juga harus memilih equipment yang cocok atau terbaik, berdasarkan role dari karakter. Apabila role karakter adalah tanker, maka buatlah equipment yang meningkatkan jumlah healt point atau attack. Jangan berikan equipment magic kepada karakter dengan role tanker. Begitulah kira-kira pemilihan equipment pada game ini. Dengan keterbatasan koin yang dimiliki, gamers juga harus mampu memilik equipment terbaik pada saat awal bermain. Apabila terlalu terpaku untuk membuat equipment yang rumit, maka permainan bisa berakhir dengan sangat mengecewakan. Penggunaan strategi dan kerjasama tim merupakan kunci dari kemenangan.

Map

Penampilan lingkungan dan karakter di LOL cukup bagus dengan pencahayaan dan warna lingkungan yang cerah. Sayangnya map yang disediakan kurang bervariasi karena hanya ada satu map yang dinamakan Summoner’s Rift. Walaupun seperti itu, jenis map seperti itulah yang paling diminati oleh gamers. Bahkan game MOBA lainnya pun menampilkan desain map yang tidak jauh berbeda dengan map tersebut.

Event

Game ini semakin menarik karena ada banyak event yang diselenggarakan oleh pihak penerbit, Garena Indonesia khususnya turnamen berhadiah yang akan menguji kemampuan bermain dan memberikan keuntungan tersendiri bagi gamers yang berhasil menang. Apabila gamers ingin memainkan MOBA yang seru, dengan lawan yang menantang, tidak ada salahnya untuk memainkan LOL Indonesia.