World Of Warcraft | Game MMORPG 3D

world of warcraft

World of Warcraft (WOW) merupakan salah satu game MMORPG legendaris yang dikembangkan oleh Blizzard yang sampai saat ini umurnya sudah lebih dari 10 tahun dengan banyak expansion dan perkembangan grafik yang telah dilakukan. MMORPG adalah singkatan dari Massively Mulitiplayer Online Role-Playing Game. Permainan ini telah memegang rekor dunia untuk langganan terbanyak MMORPG.

Sejarah Permainan World of Warcraft

Blizzard Entertainment merupakan pengembang permainan komputer yang berasal di Amerika Serikat, tepatnya terletak di Irvine, California. Perusahaan pengembang ini telah mengeluarkan beberapa seri permainan World of Warcraft. Permainan pertama dari seri Warcraft ini dikeluarkan pada tahun 1994 dengan nama Warcraft : Orcs & Humans. World of Warcraft ini mengambil tempat di dunia Azeroth. Mendekati empat tahun setelah kesimpulan Warcraft sebelumnya, Warcraft mengeluarkan Warcraft III : The Frozen Throne. Blizzard Entertainment mengumumkan waktu rilis World of Warcraft pada bulan September tahun 2001. Dan permainan ini dikeluarkan pada tahun 2004 pada tanggal 23 November yang merupakan 10 tahun lisensi Warcraft.

Kemudian permainan ekspansinya pun ikut diluncurkan di tahun 2000-an. The Burning Crusade yang dirilis pada 16 Januari 2007. Seri ekspansi selanjutnya dirilis pada 13 November 2008, yaitu Wrath of The Lich King. Ekspansi ketiganya, Cataclysm dirilis pada 7 desember 2010. Ekspansi keempat dirilis pada 25 September 2012, yaitu Mists of Pandaria. Yang kelima dirilis pada 13 November 2014, yaitu Warlord of Draenor, dan ekspansi keenam yaitu Legion dirilis pada 6 Agustus 2015 yang diumumkan oleh Gamescom 2015.

Gameplay World of Warcraft

Seperti layaknya game MMORPG, di World of Warcraft kamu menjalankan salah satu karakter dari dua fraksi, Alliance atau Horde. di Alliance kamu bisa membuat karakter dengan race Human, Night Elf, Dwarf, Gnome, Draenei, Worgen, dan Pandaren. Sedangkan di Horde kamu bisa membuat karakter dengan race Undead, Troll, Tauren, Orc, Blood Elf, Goblin, Pandaren. Dapat kita lihat disini bahwa Pandaren dapat berada di dua fraksi, Alliance atau Horde. Setelah kamu memilih race, kamu bisa memilih class dari karakter kamu, antara lain Warrior, Paladin, Hunter, Rogue, Priest, Death Knight, Shaman, Mage, Warlock, Monk, Druid, Demon Hunter. Setiap race dapat memilih beberapa class yang ada untuk race-nya, dan ada juga class yang tidak dapat dipilih pada race tertentu.

Setelah memilih fraksi, race, dan class dari karakter kamu dan memberinya nama, kamu bisa langsung memulai permainan ini dan menjelajah didalam dunia Azeroth. Disini tugas kamu adalah menyelesaikan quest-quest awal yang diberikan. Lalu quest-quest lanjutan hingga petualangan dengan pemain lain dari seluruh dunia. Menyelesaikan dungeon dan raid yang berisi grup dari puluhan pemain untuk melawan bos-bos yang sangat tangguh seperti Ragnaros, Deathwing, Lich King, dsb.

Disini kamu juga bisa melakukan PvP atau Player vs Player, yaitu melawan pemain lain, bisa dilakukan di open world antara Alliance dan Horde, melakukan duel antar pemain, maupun melakukan pertarungan di Arena dengan mode 2 vs 2, 3 vs 3, atau 5 vs 5.

Dari awal peluncurannya, World of Warcraft menggunakan sistem subscription berbayar. Setelah sebelumnya anda diberikan waktu untuk free trial. Ini dilakukan untuk tetap menjaga kualitas game dan keseimbangan konten permainan. Sehingga sampai saat ini tidak diberlakukan sistem free yang memuat in-app purchase didalamnya.

Hingga saat ini, expansion terakhir yang dikeluarkan adalah World of Warcraft Legion, yang dirilis pada 6 Agustus 2015, yang memunculkan banyak fitur baru, dan hero class baru yaitu Demon Hunter. Serta senjata-senjata legenda yang bisa anda peroleh seperti Ashbringer (Paladin), Maw of the Damned (Death Knight), Ebonchill Greatstaff of Alodi (Mage), Sheilun Staff of the Mists (Monk), dan Thas’dorah Legacy of the Windrunners (Hunter).

Perangkat Untuk Memainkan Permainan World Of Warcraft

Spesifikasi perangkat PC (Personal Computer) yang bisa memainkan permainan ini adalah sebagai berikut :

Perangkat Mac

Mac OS X 10. 3. 9 atau yang lebih baru. Intel Processor. 933 MHz atau lebih tinggi dari G4 atau G5. Memiliki RAM 512 MB atau lebih tinggi. ATI atau NVIDIA dengan 32 MB RAM Video atau lebih. 6GB ruang bebas HD. 56 kbit/ detik atau koneksi internet yang lebih cepat,memiliki drve 4x CD ROM.

Perangkat Windows

Windows XP, Vista atau 2000. AMD Athlon 800 MHz atau Intel Premium III, memiliki RAM 512 RAM atau lebih, memiliki kecepatan internet 56 kbit/detik atau lebih, memiliki ruang 6GB HD, memiliki drive 4x CD ROM.